Kamis, 27 Juli 2017

KLH Provinsi Sumatera Utara Lakukan Penangkapan Kayu Ilegal di Parlilitan Humbahas

Parlilitan. Humbanghasundutan

Melalui KLH XIII Dinas Kehutanan Propinsi Sumatera Utara lakukan Penangkapan kayu dugaan ilegal yang diambil dari kawasan hutan lindung di Desa Janji Hutanapa Kc Parlilitan Humbahas.

Kejadian ini pada kamis 27/7 sekitar pukul 16.00 wib dari lokasi kejadian, Operasi penangkapan dipimpin langsung oleh Polisi kehutanan Sahata M Purba SH dan KPH Ir Torang M Hutauruk beserta tim kehutanan lain nya.

Diketahui berdasarkan Informasi Keteterangan warga setempat pemilik kayu dimaksud adalah E sihotang dan disebutkan kalau pelaku sudah lama bermain kayu dari areal hutan Janji huta Napa Kecamatan Parlilitan Humbahas.

"Ia sudah lama, dan saban hari memang itulah kegiatanya dan dari hasil kayu untuk menghidupi keluarga nya" Ucap Warga yang tidak mau namanya disebutkan.

Diketahui setelah penangkapan, barang bukti di bawa polisi kehutanan untuk di proses lebih lanjut

Kepada sinartapanuli.com Torang M Hutauruk menjelaskan, bahwa awalnya informasi ini mereka ketahui dari warga dan langsung terjn ke lokasi, dan ternyata benar ada kegiatan pengambilan kayu Ilegal.

"Demi menjaga kawasan hutan lindung negara apa bila kayu olahan ini di tebang dari kawasan hutan negara kita akan proses hukum sesuai dengan hukum yg berlaku demi menjaga efek jera kepada pemain kayu ilegal Dan kabarnya juga bukan hanya di desa ini yang ada kegiatan pengelolaan kayu Ilegal, kami dapat kabar juga dari Desa Simataniari Pargamanan kecamatan Parliltan, kami akan terjun langsung kesana guna mencari kebenaran informasi tersebut" Tandasnya.

Terakhir, Disampaikan bahwa KPH Pol Hut Provinsinsi Sumatra Utara akan memperketat penjagaan hutan negara di wilayah Humbang Hasundutan demi menjaga kelestarian hutan termasuk mengadakan pengarahan kepada masyarakat Humbang Hasundutan khusus nya termasuk di daerah parlilitan dengan tujuan untuk menjaga kelestarian hutan alam

"kalau masih ada penebangan di kawasan hutan negara segeta laparkan kepada kami, apa bila kauyu olahan ini di tebang dari kawasan hutan negara maka kita akan proses sesuai hukum yg berlaku dan dengan aksi ini kita harapkan tidak akan terulang lagi hal demikian" Ucap Sahat M purba SH.






(Saut Tumanggor)
Next article Next Post
Previous article Previous Post