Rabu, 26 Juli 2017

Termasuk dari Humbanghasundutan, Ini 15 Sanggar Seni Unjuk Kebolehan di Taman Budaya

Kepala Badan Pelestarian Nilai Budaya Aceh (BNPB) Irini Dewi Wanti memberikan apresiasinya terhadap insan seni Aceh dan Sumatera Utara.

Ia menyampaikan apresiasi tersebut pada sambutannya di acara Pentas Seni Multi Kuktur di Taman Budaya Sumatera Utara, Rabu (26/7/2017).

"Kegiatan ini dilatarbelakangi perlunya ruang ekspresi di antara seniman untuk berkarya," ujarnya.

Menurut Irini, pada acara yang bertema "Merawat Budaya" tersebut dihadiri 15 sanggar seni yang berada di daerah Aceh dan Sumatera Utara.

 

Ia menjelaskan daerah asal yang mengirimkan sanggar seninya seperti, Simeulue, Tamiang, Tanjungpura, Karo, Humbang Hasundutan, Asahan, Tebingtinggi, Simalungun, Tobasa dan lainnya.

Nantinya, menurut Irini semua sanggar ini akan menunjukkan pegekaran budaya masing-masing di acara tersebut.

Ia berharal acara tersebut dapat memotivasi komunitas dengan berkarya untuk mengembangkan karakter bangsa.

Bagi Irini, acara tersebut melibatkan banyak pihak seperti Taman Budaya Sumatera Utara, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dan SMA se-kota Medan.

Sementara itu dari pantauan tribun-medan.com, acara tersebut dihadiri berbagai kalangan diantaranya kalangan seniman, komunitas seni dan anak sekolah.

Di panggung terkihat alat musik Gondang Sembilan, angklung, gong dan lainnya. Satu persatu setiap sanggar seni mempertunjukkan kesenian dari daerahnya masing-masing.

Siswa Kelas XII SMA Negeri XI, Ira aprilia menjelaskan kehadirannya pada acara tersebut untuk menyaksikan pertunjukan teman-temannya.

"Kami jiga diberi tugas oleh guru untuk mendeskripsikan acara ini. Lagipula teman-teman ada yang menampilkan pertunjukan musik tradisi," ujarnya.

 

 

(ST)
Next article Next Post
Previous article Previous Post