Rabu, 30 Agustus 2017

Akhirnya Perampok SPBU Hutapaung Berhasil Diringkus, Masyarakat Apresiasi Kinerja Kepolisian Humbahas

Doloksanggul,Humbahas
Sinartapanuli.com - Aksi yang terbilang heroik yang diperankan oleh personil Polres Humbang Hasundutan (Humbahas) saat meringkus kawanan perampok SPBU Hutapaung beberapa waktu lalu nampaknya mampu memukau perhatian masyarakat.

Pasalnya,peristiwa perampokan SPBU bernomor 14222354 pada kamis (24/08) dini hari tersebut langsung ditanggapi secara agresif oleh pihak kepolisian. Hasilnya pada Kamis Sorenya, 4 orang pelaku sudah berhasil ditangkap,menyusul 1 orang lagi pada hari Sabtu (26/08) juga berhasil diringkus.

Supratman Banjarnahor (45 tahun),salah satu warga Pollung mengungkapkan rasa bangganya terhadap kinerja kepolisian Polres Humbahas,Kamis (31/08).Dirinya menyebutkan kalau kejadian itu telah mampu mempertebal rasa kepercayaan masyarakat terhadap fungsi kepolisian dalam mengayomi masyarakat.

"Respek mereka (polisi-red) terbilang cepat.Hingga mampu melumpuhkan seluruh kawanan perampok dalam waktu yang terbilang cepat.Bagus itu.Kita apresiasi", ujar warga ini.

"Jujur aja,semenjak kerapnya berpuluh-puluh hewan ternak warga hilang,masyarakat sempat down kepercayaannya terhadap polisi.Tapi momen saat Polsek Pollung yang dipimpin Kapolsek Nover Gultom berhasil menggagalkan pencurian kerbau yang dibantu masyarakat saat itu,berangsur-angsur masyarakat kembali percaya.Ditambah lagi kasus perampokan SPBU Hutapaung,nampaknya itu mampu mengangkat elektabilitas mereka (polisi-red)", imbuhnya kembali secara panjang lebar.

Hal senada juga disampaikan Tono Simanullang (34 tahun).Warga desa Matiti kecamatan Doloksanggul yang sehari-harinya berjualan pakaian ini mengatakan,betapa dirinya sangat menghargai kepiwaian polisi dalam menangani kejadian tersebut. Karena menurutnya,dirinya dan juga beberapa warga lain terutama pemilik toko sudah bisa agak tenang.

"Terimakasih bangatlah pokoknya.Kita bangga.Polisi kita hebat", katanya dengan wajah senyum.

Segala bentuk pujian atau apresiasi masyarakat dalam menanggapi kinerja Polres Humbahas nampaknya turut mengalir dari warga netizen.Tak sedikit pengguna media sosial di facebook menyampaikan aprsiasinya.

Salah satu akun facebook @BangunMunthe juga turut berkomentar : " mantap Polres Humbahas, Semoga makin jaya!",tulis akun tersebut.Sementara,akun @DewiManullang juga menulis : "Tuhan bersamamu pak polisi.Ini prestasi gemilang".

Tak hanya itu,ratusan akun lain juga turut memberi dukungan dan rasa bangganya terhadap kinerja polisi kali ini.

Menanggapi segala pujian warga terhadap kepolisian, pihak Polres Humbahas melalui Kasat Reskrim AKP Jonser Banjarnahor,Kamis (31/08),mengatakan kalau semua itu berkat bantuan masyarakat juga.Jonser menyebutkan kalau pihak kepolisian tak bisa lepas dari kerja samanya dengan masyarakat.

"Ini juga tanggungjawab kita sebagai kepolisian, dengan adanya pujian masyarakat, bukan berarti kita jadi terlena,karena ini menyangkut kewajiban kita melayani masyarakat",kata Jonser.

Diberitakan sebelumnya, drama perburuan para perampok SPBU Hutapaung dimulai pada Kamis (24/08) lalu,dini hari.Polisi langsung memperkecil ruang gerak pelaku dengan cara menutup dan melakukan pemerikasaan di sejumlah jalan menuju perbatasan.

Karena tersudut,pelaku berjumlah 5 orang yang menggunakan kendaraan mobil toyota jenis Avanza langsung meninggalkan kendaraannya begitu saja.Lalu masuk dan berpencar ke dalam hutan di daerah kecamatan Pakkat,Humbahas, hingga kecamatan Tarabintang.

Sorenya,dalam kondisi sudah agak gelap,empat pelaku langsung berhasil ditangkap dengan cara ditembak karena tetap berusaha melarikan diri dalam pengejaran.Tiga orang dihadiahi timah panas dibagian kaki,sedangkan satu orang lagi tertembak pada bagian perut tembus ke bekakang.

Ke empat pelaku tersebut kemudian dibawa ke Rumah Sakit Doloksanggul guna dilakukan perawatan.Ke empat orang tersebut adalah T Marbun (41 tahun) warga Desa Hariara,Siborongborong,Tapanuli Utara, G Siregar (50 tahun) warga Padang Bolak,Gunung Tua, Rs Harahap warga  Sabungan Labusel,dan S Siregar warga Gunung Tua.

Sementara pelaku yang tertangkap pada Sabtu (26/08) malam sekira pukul 20.00 wib dihadiahi 3 kali tembakan peluru ke kakinya karena mencoba melakukan perlawanan.Pelaku bernama H Panggabean ini berusaha melarikan diri dari kejaran polisi di Pakkat dengan cara menaiki mobil Toyota Avanza Hitam.Tapi beruntung,mobil tersebut berhasil dicegat di daerah Onan Ganjang.

Keterangan Photo:Pelaku Saat Diamankan

(Rachmat Tinton)
Next article Next Post
Previous article Previous Post