Minggu, 27 Agustus 2017

Dana untuk PKH Triwulan III di Pollung Dicairkan Hari ini

Pollung,Humbahas

Sinartapanuli.com -
Ratusan warga dari berbagai penjuru desa yang tersebar di kecamatan Pollung, kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), nampak memadati halaman dan ruangan sebuah gereja HKBP di  jalan Sidikalang km 10,desa Hutapaung,Senin (28/08/17).Ratusan warga ini beramai-ramai mengantri guna menerima bantuan uang tunai melalui PKH (Program Keluarga Harapan) yang digelontorkan oleh pihak Kementerian Sosial (Kemensos) Republik Indonesia bekerja sama dengan pihak Bank Mandiri.

Menurut pihak pendamping dari Kemensos,P Ricart H Purba,SH dan Asima Banjarnahor, Spd,bantuan PKH berbentuk uang tunai ini disalurkan langsung oleh pihak Bank Mandiri kepada warga.Ada sebanyak 693 kk dari 13 desa yang ada di kecamatan Pollung ini yang akan menerima bantuan tersebut.

Dari 693 kk ini,kata Ricart, pasti ada kemungkinan yang berhalangan hadir untuk menerima dana ini,semisal karena sakit,melahirkan,dan bahkan meninggal dunia.
"Jadi,mereka yang ga bisa hadir disarankan membuat surat kuasa kepada ahli waris dan bermaterai", ujarnya.

Ricart menyebut, ini kala ke tiga pencairan dengan nilai uang Rp 500.000,- per kk.Karena sebelumnya triwulan I dan II sudah dicairkan terlebih dahulu dengan nilai yang sama di triwulan III ini.Dan total dana yang akan diberikan Kemensos dalan satu tahun terhadap peserta PKH ini totalnya adalah Rp 1.890.000,-. Jadi untuk triwulan IV nantinya peserta hanya akan menerima sisa uang mereka Rp 390.000,-.

Lanjut Ricart,proses pencairan dana ini tak perlu melibatkan camat dan perangkat-perangkat di desa.Karena,ungkap Ricart, bantuan ini langsung dari pihak Kemensos dan disampaikan oleh pihak pendamping terhadap masyarakat yang menjadi anggota PKH.

"Memang, pendataan warga dulunya,kepala desa atau pun perangkat-perangkatnya dilibatkan.Kemudian pihak BPS (Badan Pusat Statistik) juga terlibat waktu itu.Tapi saat proses pencairan kita hanya bekerja sama dengan Bank Mandiri", tutup Ricart.

(Rachmat Tinton/RJ Lumbangaol)
Next article Next Post
Previous article Previous Post