Jumat, 11 Agustus 2017

Desa Aek Godang Arbaan Kecamatan Onanganjang, Dicanangkan Jadi Kampung Keluarga Berencana (KB)

Sinartapanuli.com

Onanganjang.Kabupaten Humbanghasundutan

Desa Aek Godang Arbaan kecamatan Onanganjang salah satu desa yang di pilih pemerintah kabupaten Humbang Hasundutan menjadi kampung KB dari sepuluh desa yang di canankan.

Bupati Humbang Hasundutan Dosmar Banjarnahor,SE melalui pidatonya yang di bacakan Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P2KB) Drs Elson Sihotang Kamis 10 Agustus 2017 bahwa tujuan di buatnya kampung KB adalah untuk mengendalikan jumlah penduduk, dimana pertumbuhan yang terkendali akan mendukung pencapaian pertumbuhan ekonomi dan juga akan mendukung program peningkatan kesejahteraan serta memperkecil timbulnya permasalahan sosial, kesehatan dan pendidikan.

Bupati menyampaikan, kampung KB menjadi miniatur dan menjadi salah satu inovasi strategis dalam upaya realisasi pelaksanaan kegiatan-kegiatan program KKBPK secara utuh, terintegrasi dan komprehensif. Hal itu dengan menentukan program pembangunan lainya seperti pendidikan, kesehatan, pertanian, dan peternakan ekonomi serta penataan ruang lainya yang di buat di desa /kelurahan/dusun, sehingga kemudahan bagi masyarakat untuk memperoleh pelayanan total, termasuk akses pelayanan kepada keluarga/masyarakat dalam hal ini informasi kependudukan , layanan KB, pembinaan dan fasilitas kepada kelompok-kelompok ketahanan keluarga.

Bupati juga menambahkan kepada masyarakat Aekgodang Arbaan tidak kalah penting adanya program Ganre ( generasi berencana) yang dapat mengarahkan remaja untuk menjadi remaja yang tangguh dan berperan dalam pembangunan. Sehingga Bupati berharap Desa Aek Godang Arbaan ini menjadi cikal bakal Desa yang dapat di jadikan sebagai contoh bagi desa-desa lainya dan juga rencananya kampung KB ini akan di jadikan sebagai momentum untuk memperkuat rasa kebersamaan antara warga masyarakat untuk berperan aktif di berbagai kegiatan dengan demikian dapat terwujud keluarga kecil bahagia dan sejahtera dengan slogan 2 Anak cukup demi kejayaan kabupaten Humbang Hasundutan.

Dalam kesempatan itu Drs Elson Sihotang menyampaikan kampung
Desa Aek Godang Arbaan kecamatan Onanganjang salah satu desa yang di pilih pemerintah kabupaten Humbang Hasundutan menjadi kampung KB dari sepuluh desa yang di pilih. Bupati Humbang Hasundutan Dosmar Banjarnahor,SE melalui pidatonya yang di bacakan Elson Sihotang Kamis 10 Agustus 2017 bahwa tujuan di buatnya kampung KB adalah untuk mengendalikan jumlah penduduk, dimana pertumbuhan yang terkendali akan mendukung pencapaian pertumbuhan ekonomi dan juga akan mendukung program peningkatan kesejahteraan serta memperkecil timbulnya permasalahan sosial, kesehatan dan pendidikan. Lebih lanjut Bupati menyampaikan, kampung KB menjadi miniatur dan menjadi salah satu inovasi strategis dalam upaya realisasi pelaksanaan kegiatan-kegiatan program KKBPK secara utuh, terintegrasi dan komprehensif.

Hal itu dengan menentukan program pembangunan lainya seperti pendidikan, kesehatan, pertanian, dan peternakan ekonomi serta penataan ruang lainya yang di buat di desa /kelurahan/dusun, sehingga kemudahan bagi masyarakat untuk memperoleh pelayanan total, termasuk akses pelayanan kepada keluarga/masyarakat dalam hal ini informasi kependudukan , layanan KB, pembinaan dan fasilitas kepada kelompok-kelompok ketahanan keluarga. Bupati juga menambahkan kepada masyarakat Aekgodang Arbaan tidak kalah penting adanya program Gance ( generasi berencana) yang dapat mengarahkan remaja untuk menjadi remaja yang tangguh dan berperan dalam pembangunan. Sehingga Bupati berharap Desa Aek Godang Arbaan ini menjadi cikal bakal Desa yang dapat di jadikan sebagai contoh bagi desa-desa lainya dan juga rencananya kampung KB ini akan di jadikan sebagai momentum untuk memperkuat rasa kebersamaan antara warga masyarakat untuk berperan aktif di berbagai kegiatan dengan demikian dapat terwujud keluarga kecil bahagia dan sejahtera dengan slogan 2 Anak cukup demi kejayaan kabupaten Humbang Hasundutan.

Dalam kesempatan itu kepala dinas KB kabupaten Humbang Hasundutan Elson Sihotang menyampaikan kampung KB salah satu wujud dari pelaksanaan agenda prioritas pembangunan nasional dalam mengatasi masalah kependudukan dan tahun 2017 ini di targetkan terdapat satu kampung KB di setiap kecamatan di seluruh Indonesia. Bupati Humbang Hasundutan melalui kepala dinas KB Humbang Hasundutan Elson Sihotang secara simbolis memberikan plakat kepada masyarakat Aek Godang Arbaan yang di terima langsung oleh kepala desa Margatti sibagariang, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat dan tokoh pemuda desa Aek Godang Arbaan.

Kepala UPT kesehatan kecamatan Onanganjang dr Sisca lorenta Silalahi juga menyampaikan kepada masyarakat Aek Godang Arbaan bahwa Germas ( gerakan masyarakat sehat harus lebih ditingkatkan, dimana gerakan masyarakat sehat merupakan program pemerintah pusat melalui dinas kesehatan dan tenaga kesehatan di seluruh Indonesia.

Lebih lanjut dr Sisca menyampaikan , ada tujuh hal yang harus di laksanakan dalam gerakan masyarakat sehat, pada saat itu juga dr Sisca memberikan bantuan tambahan makanan bergizi bagi ibu hamil. Pada kesempatan itu pemerintah memberikan bantuan kepada masyarakat Aek Godang Arbaan, dan secara simbolis langsung di serahkan kepala dinas KB Humbang Hasundutan kepada pengurus kelompok tani berupa empat set Semprot Pertanian, melaksanakan pengobatan gratis melalui puskesmas Kecamatan Onanganjang, dan bantuan lainya.

Hadir dalam acara itu Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P2KB) Drs Elson Sihotang yang didampingi Camat Onanganjang beserta rombongan, perwakilan dari dinas pertanian, perwakilan dari dinas Perindagkop, serta dari dinas kesehatan dalam hal ini dari Kepala UPT kesehatan Onanganjang dr Sisca lorenta Silalahi dan dr Vero.

(Jhon Siregar)
Next article Next Post
Previous article Previous Post