Selasa, 08 Agustus 2017

Dishub Humbahas Gelar Razia Muatan,Truk Mitra TPL "Ngumpet"

Lintongnihuta,Humbahas

Sinartapanuli.com - Dinas Perhubungan (Dishub) bekerja sama Polisi Lalu Lintas Humbang Hasundutan (Humbahas) menggelar razia di depan Mapolres,Selasa (08/08/17). Razia kali ini bergelar Operasi Pengangkutan Barang dan Penimbangan.

Razia ini menyasar pada isi muatan setiap mobil yang melintas, terutama truk dan sejenisnya.Juga menyasar pada tonase muatan sehingga setiap truk yang melintas diharuskan melewati timbangan yang disediakan.

Pantauan di lapangan, ratusan truk yang akan melewati razia memilih  untuk menghindar.Sejauh nyaris 1 km berjejer truk-truk parkir di pinggir jalan.Ironisnya, kebanyakan dari truk yang menghindari razia tersebut adalah mobil-mobil loging sebagai mitra PT Toba Pulp Lestari (TPL),Tbk.Diduga karena truk -truk loging ini membawa muatan berlebih hingga terkesan "takut" melewati tempat razia.

Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Humbahas Jaulim Simanullang,ketika dimintai tanggapannya sekaitan banyaknya mobil mitra PT TPL,Tbk yang parkir menghindari razia, mengaku sangat kecewa akan hal tersebut.Kata Jaulim, truk-truk pengangkut kayu tersebut terkesan tak peduli selama ini.

"Sepertinya mereka tahu kalau kita sebagai Dinas Perhubungan kabupaten hanya bisa melakukan razia secara berkala.Jadi mereka masih bisa tetap membandel.Hal ini sangat kita sayangkan karena kelebihan muatan mereka akan merusak jalan kita nantinya", ujarnya.

Lanjutnya, pihak yang berwenang untuk bisa melakukan razia rutin adalah kementerian yang berada di Provinsi, sehingga ada sedikit kesulitan meminimalisir kelebihan muatan pada truk-truk rekanan PT TPL,Tbk tersebut.

Masih menurut Jaulim, razia ini akan tetap digelar hingga beberapa hari ke depan.

"Empat atau lima hari ke depan,kita akan tetap melakukan razia yang akan dibantu oleh pihak kepolisian", imbuhnya.

(Rachmat Tinton)
Next article Next Post
Previous article Previous Post