Rabu, 02 Agustus 2017

KPU SUMUT, Siapkan Strategi Khusus untuk Tingkatkan Partisipasi pada Pilgub 2018

Sinartapanuli.com -Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumut Mulia Banurea menyebut pihaknya sudah menyiapkan stategi khusus untuk meningkatkan partisipasi pemilih pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut pada 2018 mendatang.

Kata Mulia, dalam waktu dekat pihaknya juga akan meluncurkan agenda Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut sebagai bentuk sosialisasi.

"Kami sudah mendesain beberapa agenda terkait meningkatkan partisipasi, sehingga dengan desian tersebut dalam waktu dekat launching penyelenggaran Pilgub akan kami gelar," kata Mulia usai menghadiri Coffee Morning Persiapan Pilkada dan Pilgub Sumut di Mapolda Sumut Jalan Sisingamangaraja, Medan, Senin (31/7/2017).

 

Mulia menambahkan, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan jajaran Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil seluruh kabupaten dan kota. Hal ini dimaksudkan demi memperoleh data terkini tentang jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang akan ditentukan nantinya.

"Kita juga perbaiki data dengan berkoordinasi bersama Disdukcapil kabupaten dan kota. Data itu akan ditetapkan sebagai DPT," kata Mulia.

Seperti diketahui, Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut akan digelar pada 2018 mendatang. Selain pemilihan gubernur, terdapat delapan daerah kabupaten dan kota di Sumut yang juga akan menggelar Pemilihan Kepala Daerah Serentak pada tahun depan.

Untuk menggelar pemilihan gubernur ini, KPU Sumut beserta Pemprov Sumut telah menandatangani Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD). Dana yang disepakati untuk menggelar pesta demokrasi di Sumut itu mencapai Rp 855 miliar. Selain KPU, dana buat pengawasan Pilgub juga telah disepakati antara Bawaslu Sumut dan Pemprov Sumut senilai lebih dari Rp 200 miliar.

 

(ST6/tribunnews.com)
Next article Next Post
Previous article Previous Post