Minggu, 13 Agustus 2017

Masing-Masing Desa Belum Penuhi Mekanisme,Dana Desa Kecamatan Pollung Mengendap di RKD

Pollung,Humbahas,Sinartapanuli.com

- Dana Desa untuk 13 desa yang tersebar di kecamatan Pollung, Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), nampaknya belum bisa diambil oleh masing-masing tiap desa.Dan sampai saat ini dana tersebut masih mengendap di Rekening Kas Desa (RKD).

Hal ini dibenarkan oleh camat Pollung Hanaya C Simamora,Senin (14/08/17). Dijumpai di ruang kerjanya, Camat Pollung ini menyebutkan beberapa penyebab masih mengendapnya Dana Desa tersebut di RKD.

Menurutnya,ada beberapa mekanisme yang belum dipenuhi oleh tiap-tiap desa, sehingga dana tersebut masih belum bisa diambil.

"Tapi hari Jumat kemarin,kita sudah layangkan surat ke Dinas PMDP2A.Jadi kemungkinan  minggu ini sudah bisa diambil dananya", terangnya.

Lanjutnya, laporan realisasi dana desa 2016 belum rampung secara keseluruhan menjadi penyebab utama problema ini.

Ironisnya lagi,berdasarkan data-data dan surat-surat yang sudah dikirim ke Dinas PMDP2A,kata camat Pollung, dari 13 desa yang bisa nanti mencairkan dana desanya dari RKD dalam waktu dekat hanya 12 desa.

Satu desa lagi yakni desa Hutapaung Utara masih belum menyelesaikan laporan realisasi dana desanya.Hal ini tentu saja berdampak terhadap lambannya nanti proses pembangunan di desa tersebut, mengingat tahun 2017 ini sudah memasuki bulan pertengahan Agustus .

(Rachmat Tinton /RJ Lumban Gaol)

 

Keterangan Photo: ilustrasi
Next article Next Post
Previous article Previous Post