Selasa, 08 Agustus 2017

Mendikbud Muhadjir Effendy, Apresiasi Sanggar Bakara Nauli Humbahas

sinartapanuli.com

-Dalam rangka kunjungan Menteri pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia Muhadjir Effendy ke kabupaten Toba Samosir Provinsi Sumatera Utara, ternasuk dalam pembinaan sanggar seni di kawasan Danau Toba Sumut yang di pusatkan di Rumah Adat Meat Kabupaten Toba Samosir.

Dalam acara tersebut turut hadir dari kabupaten Humbang Hasundutan diwakili dari Kecamatan Baktiraja yaitu Sanggar Bakkara Nauli yang di bina oleh Budi Marbun.

Pada kesempatan itu menteri pendidikananak beserta rombongan memuji sanggar seni dari kabupaten Humbang Hasundutan, dimana personilnya yang amasih sangat anak-anak sudah bisa menunjukkan kebolehan masing-masing dalam memainkan alat musik yang indah yang dikenal dengan Opera Batak.

"Ya, sangat luar biasa, masih anak-anak bisa memainkan alat musik seperti itu, dan ini perlu dibina dan dikembangkan dan ini adalah generasi anak yang kreatif dari humbanghasundutan dan saya sangat salud " Ucap Muhadjir Effendy.

Di kesepatan itu Muhadjir Effendyudaya mengingatkan akan perunya merawat dan lestarikan Budaya dan termasuk kesenian khas Batak, apalagi budaya suku Batak sangat beraneka ragam.

" Hal itu harus kita lestarikan dan di pertahankan supaya jangan pudar nantinya" Tambahnya.

Kepada sinartapanuli.com Budi Marbun selaku pembina sanggar seni Bakkara Nauli menyampaikanbahwa Sanggar Bakkara Nauli ini bertempat di kecamatan Baktiraja kabupaten Humbang Hasundutan, dimana sanggar ini sudah sering tampil termasuk baru-baru ini dipesan Kontstasi Tingkat Nasional di Medan Sumatera Utara.

Budi Marbun juga menambahkan sanggar seni Bakkara mempunyai peralatan yang lengkap, seperti alat musik Gondang, angklung, gong dan peralatan lainnya.

[caption id="attachment_554" align="alignnone" width="300"] Nampak Mendikbud bersama Anggota DPD RI Parlindungan Purba[/caption]

[caption id="attachment_555" align="alignnone" width="300"] Pembina Sangar Seni Bakara Nauli Budi Marbun Bersama Mendikbud Muhadjir Effendy[/caption]

Budi mengaku, Pada kesempatan itu sanggar Bakkara Nauli mempertunjukkan kebolehanya di kabupaten Tobasa yang di undang langsung oleh menteri pendidikan dan kebudayaan beserta rombongan, dan berharap acara ini dapat memotivasi untuk mengembangkan karakter bangsa dalam seni khususnya melalui sanggar seni Bakara Nauli dari Humbanghasundutan.

"Saya sangat bangga bisa tampil dalam event ini dan acara yang lainya yang kami hadiri dan termasuk tadi kami menampilkan Gondang Sabangunan dan Puji Tuhan Anak-anak tampil luar biasa dan harapan saya kedepannya agar lebih banyak lagi sanggar seni dari kabupaten Humbang hasundutan berkarya dan berbuat untuk Humbanghasundutan pada khususnya" Ucap Budi

Hadir dalam acara tersrbut. Menteri pendidikan dan kebudayaan republik Indonesia, anggota DPD Parlindungan purba , dirjen pendidikan, wakil Bupati Toba Samosir beserta rombongan dari pengkap Toba Samosir.

(J.Siregar)
Next article Next Post
Previous article Previous Post