Kamis, 10 Agustus 2017

Provinsi Sumut Urutan Keempat Terbanyak Laporan Dugaan Pungli

Sinartapanuli.com

MEDAN - Ketua Tim Rekomendasi Kelompok Kerja Pencegahan Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) Kemenko Polhukam RI Letkol CPM Endang Agustian mengatakan, Sumut merupakan provinsi keempat dengan jumlah laporan dugaan pungli terbanyak di Indonesia.

Agustian tidak menjelaskan jumlah rinci laporan dugaan pungli di Sumut tersebut. Namun, katanya, provinsi ini berada di urutan keempat setelah Jawa Barat, DKI Jakarta dan Jawa Timur. Sedangkan provinsi di bawah urutan Sumut adalah Lampung dan Banten.

Urutan laporan pungli keenam provinsi itu berfluktuatif. Yang jelas, kata dia, keenam provinsi itu konsisten masuk lima besar provinsi dengan laporan dugaan pungli terbanyak.

Agustian mengatakan, laporan dari Sumut yang diterima pihaknya disampaikan publik melalui berbagai cara. Mulai dari pesan singkat, email hingga sambungan telepon.

"Bukan berarti di Irian tidak ada masalah. Tetap ada. Sisi baiknya mungkin masyarakat di sini sudah kritis dan respons. Masyarakat sudah melek IT. Tinggal SMS sudah sampai, atau tinggal kirim email sudah sampai," kata Agustian di Kantor Harian Tribun Medan Jalan Wahid Hasyim, Medan, Kamis (10/8/2017).

Menurut Agustian, sejak dibentuk pada 2016 lalu, ekspektasi publik terhadap keberadaan Satgas Saber Pungli relatif tinggi. Hal ini terbukti dengan jumlah laporan dugaan pungli yang diperoleh pihaknya.

"Kalau laporan yang masuk sejauh ini sudah sekitar 32 ribu. Itu laporan yang sudah kita pilah karena memang berpotensi pungli. Kalau total laporan yang masuk mungkin hampir ratusan ribu," katanya.

Agustian menambahkan, pihaknya akan menggelar sosialisasi pelaksanaan Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2016 tentang Saber Pungli di Santika Premiere Dyandra Hotel and Convention Jalan Kapten Maulana Lubis, Medan, pada Selasa (15/8/2017) pekan depan.

Kegiatan ini akan dihadiri unsur FKPD tingkat Sumut, pimpinan SKPD Pemprov Sumut, perwakilan Unit Pemberantasan Pungli tingkat Sumut serta perwakilan Unit Pemberantasan Pungli tingkat kabupaten dan kota di Sumut.
Sedangkan materi sosialisasi ini akan dibawakan langsung oleh Ketua Pelaksana Satgas Saber Pungli Kemenko Polhukam RI Komjen Pol Dwi Priyatno. Di samping itu, Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi dan seorang pengamat hukum juga dihadirkan mengisi acara sosialisasi nantinya.

"Ini merupakan suatu kehormataan karena Kasatgas langsung yang datang mengisi sosialisasi," katanya
Next article Next Post
Previous article Previous Post