Senin, 28 Agustus 2017

Sungai Air Si Mercember Tarabintang Humbahas, Berpotensi Jadi Wisata Arum Jeram

Tarabintang Humbahas

-Sungai Air Si Mercember yang terletak di Desa Mungkur Dusun Rambung kecamatan Tarabintang Kabupaten Humbanghasundutan ini berjarak 200 meter dari pinggir jalan raya Dusun Rambung Kecamatan Tarabintang.

Persis sebelah kiri dari Desa Sahombu yang menenpuh perjalanan roda dua. Dan lokasi ini sering di kunjungi warga pada hari libur baik oleh warga tarabintang dan bahkan dari luar kecamatan tempat ini sangat di kagumi warga yang pernah berkunjung.

Bentangan Air yang masih alami di sisi pinggir sungai yang di bentengi bebatuan dan nampak jelas hawa lingkungan ini yang sejut karena terlihat melengkapi lokasi ini pegunungan yang di bentengi oleh Hutan yang alami.

Terlihat juga di hamparan Lokasi tersebut deras nya air yang mengalir yang sangat jernih, dan ditambah lagi paduan air(Aek) Simonggo yang membuat sungai Air Si Marcember kian mempesona dan terlihat sangat deras disisi jantung sungai.

Tatkala warga yang datang kesana ada yang menikmatinya lewat mandi di sisi sungai yang sedikit dangkal, ada pula yang menikmati nya lewat memandang Perairan ini dengan sedikit berangan dan mengagumi keindahanya juga sesekali hempasan lewat uap sungai yang membuat nikmat suasana lokasi.

[caption id="attachment_714" align="alignnone" width="300"] Lokasi Sungai[/caption]

Kepada sinartapanuli.com Wisno Tumanggor warga sekitar mengaku, Ia sering melihat lokasi ini di kunjungi wisatawan lokal dari Kecamatan Pakkat, Onanganjang, Parlilitan, Doloksanggul, bahkan dari luar humbanghasundutan seperti dari barus, dan medan.

"Memang setiap datang orang berkunjung kemari, sangat kagum akan kecantikan sungai ini dan mereka sering mangatakan setidaknya pemerintah daerah atau dinas Pariwisata Humbanghasundutan mau mengelola ini untuk di jadikan wisata sangat bagus. Selama ini memang kami hanya mempergunakanya sebagai tempat bersantai, memancing ikan(Ihan Batak) dan mandi saja walau pun ada terkadang orang mengambil pasir dan sama harapan kami juga semoga kedepa pemkab kita mau melirik ini guna dikembangkan menjadi wisata lokal, termasuk mungkin wisata olah raga seperti pengelolaan Arum Jeram dan sangat tepat kami lihat apalagi sungainya juga bagus dan mendukung" Ucapnya.

Diketahui, selain Potensi Air Terjun di Desa Mungkur, Desa Sihombu, Legenda Ular Jadi Batu di Dusun Sitataring masih banyak lagi lokasi wisata yang bisa di kelola di Kecamatan Tarabintang. termasuk Makam 37 Panglima Sisinga Mangaraja XII di Desa Tarabintang Kecamatan Tarabintang Humbahas.

 

 

(Saut Tumanggor)
Next article Next Post
Previous article Previous Post