Senin, 28 Agustus 2017

Warga Humbahas!!! Waspadai Leasing atau Debt Collector Pengambil Paksa Kendaraan Anda

Doloksanggul Humbahas

Sinartapanuli.com - Maraknya kejadian atau kasus penyitaan kendaraan secara paksa yang dilakukan oleh sejumlah oknum debt collector yang mengatasnamakan leasing akhir-akhir ini tentu saja sangat meresahkan warga. Tak hanya di Humbang Hasundutan (Humbahas),bahkan di seantero negeri ini pun kerap terdengar kejadian-kejadian pengambilan paksa kendaraan warga yang belum lunas kredit ataupun cicilannya.

Hal ini dibenarkan oleh Kapolsek Pollung, Humbahas, Sumatera Utara,Iptu Nover Gultom, S.Sos pada Selasa (29/08/17).

Nover menyebutkan kalau kasus-kasus seperti iti sudah sering terjadi,tapi sayangnya masih banyak masyarakat yang tidak paham akan hukum hingga jarang yang melaporkan ke pihak kepolisian.

Dirinya berharap agar masyarakat agar lebih paham ke depannya,karena proses penyitaan atau pengambilan secara paksa terhadap setiap kendaraan yang belum lunas cicilannya bukanlah hak dari debt colletor yang ditugaskan pihak leasing.

"Itu pidana.Sama aja tindakan mereka dengan begal.Jadi kalau ada kejadian seperti itu silahkan lapor ke kami (kepolisian-red)", ujarnya.

Lanjut Nover, apabila memang kendaraan belum dilunasi cicilannya dan ketahuan menunggak,bukan berarti pihak debt colletor punya hak untuk menyitanya.Karena menurutnya hal tersebut bukanlah wewenang mereka sebelum ada surat dikeluarkan oleh pihak kejaksaan.

"Jadi debt colletor yang menjadi begal sudah jelas melanggar hukum yang serius.Karena hal tersebut sudah melanggar Undang-Undang RI Nomor 42 Tahun 1999 Tentang Jaminan Fidusia", imbuhnya kembali.

Pada kesempatan tersebut, Kapolsek Pollung pun kembali mengingatkan dan menekankan agar masyarakat Indonesia terutama di Humbahas jika mengalami hal serupa agar segera melapor.Nover menyebutkan, hal ini merupakan sebagai salah satu kewajiban mereka dalam melayani agar tercipta keamanan dan kenyamanan di tengah-tengah masyarakat, khususnya dari tangan-tangan debt colletor atau leasing nakal.

 

 

(Rachmat Tinton)
Next article Next Post
Previous article Previous Post