Senin, 21 Agustus 2017

Waspadalah!!! Simpang 3 Hutapaung Rawan Kecelakaan

 

Pollung,Humbahas

sinartapanuli.com - Simpang 3 Hutapaung,kecamatan Pollung, Humbang Hasundutan (Humbahas), merupakan salah satu jalan dengan tingkat kecelakaan tertinggi di kecamatan ini.Minimnya rambu lalu lintas dan banyaknya kendaraan yang diparkir di pinggir jalan disebut-sebut warga setempat menjadi salah satu pemicu tingginya angka kecelakaan di simpang tersebut.Ditambah lagi banyaknya anak sekolah yang harus melalui simpang tersebut setiap harinya.

Seperti dilontarkan oleh salah seorang warga,M Lumban Gaol yang bermukim di dekat simpang tersebut,saban hari kendaraan roda empat terutama angkot-angkot yang membawa anak sekolah sering parkir dan nyetem di simpang tersebut. Posisi parkir angkot tersebut, kata warga ini,terkesan sembarang karena kerap memakan bahu jalan.

"Kemarin ada anak sekolah tabrakan di sini.Menurutnya (anak sekolah,red) tabrakan tak tak terhindarkan lantaran pandangannya terhalang kendaraan yang parkir di pinggir jalan tersebut", ujarnya kepada awak ini,Selasa (22/08) pagi.

Hal senada juga diungkapkan oleh seorang warga lainnya.Munte juga menyayangkan para sopir angkot yang kerap parkir sembarang di simpang tersebut. Juga menurut Munte,rambu yang minim pun juga berpengaruh pada setiap pengendara yang melintasi jalan tersebut.

"Padahal simpang ini sangat ramai apalagi jam-jam berangkat ke sekolah dan pulang sekolah,harusnya pihak pemerintah memperhatikan hal ini.Apalagi jarak sekolah SMA ke sini cuma 50 meter ke arah jalan Pancur Batu sana", ungkapnya.

Sebelumnya,Kapolsek Pollung Iptu Nover Gultom, S.Sos juga sangat menyayangkan minimnya rambu di lokasi tersebut.Tak hanya itu,katanya,lokasi lain yang berdekatan dengan simpang 3 tersebut, yakni jalan Simunjal pun menjadi salah satu jalan yang rawan kecelakaan. Arsitektur jalan dengan tikungan tajamnya menjadi sumber kerapnya malapetaka di jalan tersebut.Ditambah lagi seringnya BBM jenis Solar yang tumpah dari tangki mobil truk di tempat tersebut hingga mengakibatkan permukaan jalan licin.

"Sudah pernah kita konsultasi ke Dinas Perhubungan mengenai simpang 3 dan tikungan Simunjal ini,tapi mereka menyebut kalau itu bukan tanggungjawab mereka", kata Kapolsek Pollung ketika di sambangi di kantornya.

Sementara itu,pihak Dinas Perhubungan (Dishub) Humbahas melalui Kadis Jaulim Simanullang ketika dikonfirmasi melalui pesan whatsapp mengatakan kalau jalan yang diklaim rawan kecelakaan tersebut bukanlah jalan kabupaten.Meski begitu,kata Jaulim,pihaknya akan berusaha memasukkan anggaran untuk tahun 2018 nanti guna memperbaiki dan menambah rambu di lokasi tersebut.

(Rachmat Tinton)
Next article Next Post
Previous article Previous Post