Senin, 25 September 2017

Perpanjangan Runway Bandara Silangit Ditargetkan Rampung Bulan Depan..

sinartapanuli.com

TARUTUNG - Direktur Utama PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengatakan, proyek pelebaran, perpanjangan, dan pelapisan atau pengerasan landasan pacu ( runway) Bandara Silangit ditargetkan rampung pada akhir 2017.

Awaluddin menjelaskan, saat ini perpanjangan landasan pacu sudah selesai dilakukan, hanya saja overlay atau pengerasan lapisan landasan pacu masih terus dilakukan sampai dengan tiga tahap.

Hal ini dilakukan agar landasan pacu Bandara Silangit mampu melayani penerbangan dan pendarat pesawat berbadan sedang hingga besar.

"Overlay runway masih berjalan, itu Desember 2017 selesai," ujar Awaluddin saat berbincang dengan Kompas.com di Bandara Silangit, Tapanuli Utara, Senin (25/9/2017).

 

Awaluddin menjelaskan, perpanjangan runway Bandara Silangit terbagi dalam beberapa tahap, pertama perpanjangan awal dari 2.250 meter, menjadi 2.400 meter, kemudian diperpanjang kembali menjadi 2.650 meter.

"Kami tambah lagi jadi 2.650 meter, dan lebar 45 meter. Kemudian overlay landasan, atau pelapisan runway," ungkapnya.

Dengan memiliki panjang landasan pacu 2.650 meter dan lebar 45 meter, Bandara Silangit diharapkan dapat melayani penerbangan dengan pesawat berbadan besar serta rute internasional yang akan dibuka perdana pada 28 Oktober 2017 mendatang.

Hingga saat ini Angkasa Pura II telah mengeluarkan dana investasi sebesar Rp 200 miliar yang digunakan untuk pengembangan terminal, perpanjang, pelebaran dan pengerasan landasan, hingga perluasan apron atau parkir pesawat.

Kini sudah ada beberapa maskapai yang melakukan penerbangan dari dan menuju Bandara Silangit yakni maskapai Garuda Indonesia, Sriwijaya Air, Wings Air
Next article Next Post
Previous article Previous Post