Kamis, 07 September 2017

Selain Bangunan Rusak,Poskesdes Pardomuan Juga tak Miliki Air

 

Pollung,Humbahas,Sinartapanuli.com

- Kondisi Poskesdes (Pos Kesehatan Desa) Pardomuan yang terletak di Desa Pardomuan, Kecamatan Pollung, Humbang Hasundutan (Humbahas), sungguh sangat memprihatinkan.Selain tak memiliki air,kondisi fisik bangunan pun sudah nyaris babak belur.

Sesuai informasi yang dihimpun awak media Sinartapanuli.com,hal kekurangan air ini sudah lama terjadi.

"Bahkan semenjak saya di sini tahun 2011 lalu,air tak ada di sini.Bak untuk menampung air hujan saja ga.Padahal dalam merawat pasien,kita sangat membutuhkan air", ujar Serti Siambaton,salah satu bidan yang bertugas di Poskesdes tersebut,Kamis (07/09/2017).

Kata Serti lagi,selain tidak ada air,kondisi bangunan pun sudah sangat memprihatinkan.Semisal dinding bangunan di beberapa titik juga sudah mengalami keretakan-keretakan.Selain itu,asbes bangunan pun sudah kopak-kapik dan bahkan ada yang nyaris mau jatuh.

Kepala Puskesmas Pollung dr Gunawan Sinaga ketika dimintai keterangannya mengatakan,bahwa hal tersebut juga sudah menjadi pe-er baginya.Dirinya juga sangat memprihatinkan kondisi Poskesdes tersebut.

"Kita sudah usulkan lae dalam musrenbang desa kemarin agar bak air dibangun nanti untuk anggaran 2018.Kalau untuk membor,kayaknya ga mungkin,letak geografis desa ini agak tinggi", katanya.

Dinas Kesehatan Humbahas melalui Sekretaris dr Binner Sinaga juga turut menambahkan,kalau kondisi Poskesdes bisa seperti itu,kemungkinan ada dalam kesalahan anggota yang menanganinya.

"Harusnya saat musrenbang pada tahun-tahun kemarin,hal ini diberitahukan.Musrenbang untuk tahun 2018 sudah selesai,kemungkinan untuk 2019 itu baru bisa dibenahi.Tapi tak menutup juga kemungkinan di tahun 2018 kita perbaiki kalau kita sampaikan permohonan", ujar Binner di seberang telepon.

(Rachmat Tinton)
Next article Next Post
Previous article Previous Post