Kamis, 12 Oktober 2017

Benahi Infrastruktur, Bupati Humbahas Tinjau Jalan Alternatif Onanganjang Tembus Ke Kecamatan Pakkat

Pakkat.Humbanghasundutan

-Setelah selesai penyerahan batuan alat pertanian(Alsintan) di Desa Sigalogo, Bupati Humbanghasundutan Dosmar Banjarnahor lakukan Peninjauan Jalan Kabupaten di Desa Pulogodang hingga Desa Banuarea Kecamatan Pakkat. jalan ini adalah akses trasportasi alternatif selain jalan Provinsi yang ada saat ini dan menjadi penghubung menuju Kecamatan Pakkat panjangnya kurang lebih 16 Km.

Diketahui akses jalan ini merupakan, melewati Desa Parbotihan hingga Desa Pulogodang finis di Desa Sijarango Kecamatan Pakkat. Diketahui saban hari jalan ini dipergunakan warga melintas baik menuju perladangan dan akses trasnportasi, sekedar diketahui jalan dimaksud yang merupakan rintisan pada zaman Penjajahan Belanda dulu, hingga sekarang masih menjadi salah satu akses transportasi warga.

Kepada Bupati Humbangasundutan. Kepala Desa Banuarea mengaku, sebelum dibangun jalan Onanganjang menuju Pakkat, warga mempergunakan jalan ini jika hendak ke Pakkat. sudah lama jalan dimaksud tidak tersentuh perbaikan setelah jalan ini dialihkan.

" Sejak jalan sekarang ini yaitu dari onanganjang ke pakkat dibuka, sudah hampir 14 tahun jalan alternatif ini sudah rusak parah, walaupun ada baru baru ini diperbaikan lagi hanya pengaspalan lapen dan pengerasan saja dan itupun sudah rusak , padahal jalan ini sebenarnya tepat untuk dibangun, disamping warga memudahkan cepat jika ingin ke pakkat disekitar ini pun merupakan jalan menuju perladangan warga" Ucapnya.

Warga berharap, Agar Pemkab Humbanghasundutan segera membenahi infrastruktur dimaksud. mereka mengaku selama ini hanya melakukan gotong royong bersana untuk memperbaiki jalan seadanya termasuk membersihkan jalan sembari menunggu perhatian pemerintah untuk memperbaiki jalan tersebut apalagi Dua kilometer lagi masih ada jalan itu belum dilakukan perkerasan.

"Kami sudah sampaikan hal ini berulang kali ke pihak Dewan Perwakilan Rakyat, termasuk Salah seorang Aggota DPRD Dari Partai Gerindra. Ia pernah memberikan harapan kepada kami kalau jalan ini akan diperbaiki, namun hingga kini tak kunjung ada tanda tanda perbaikan" Ucap seorang warga yang tidak mau disebut namanya.

Menanggapi keluhan warga. Dosmar Banjarnahor sangat antusias dan berjanji akan menampung aspirasi atau masukan yang disampaikan warga untuk segera mungkin dialokasikan anggaran dalam pembenahan infrastruktur tersebut.

Kepada masyarakat yang berjumlah 172 KK ini juga, selain menjadi catatan baginya dalam pembenahan infrastrukur Bupati juga menawarkan beberapa program pemerintah saat ini termasuk dalam bidang pertanian.

" Ini akan menjadi catatan bagi kami Saat ini ada juga program pemerintah dalam bidang pertanian salah satunya pertanaman jagung, dan saat ini kita sudah gulirkan dibeberapa Desa dan bibitnya kita sediakan untuk itu kami mengharapkan agar bapa/ibu ikut terlibat"

Menaggapi hal ini, Masyrakat menyahuti dan mendukung program dimaksud, namun warga masih tetap bersikukuh agar jalan mereka segera mungkin untuk diperbaiki guna kelancaran transportasi pertanian.

Dan Dosmar dengan cepat merespon warga dengan menyebut untuk sementara yang bisa diupayakan Pemkab hanya perbaikan seadanya sembari menunggu anggaran untuk di bangun keseluruhan.

" Kebetulan, dari Dinas PUPR juga ada disini bersama kita dalam pembenahan infrastrukturnya untuk sementara agar segera diturunkan alat berat untuk memperluas jalan itu sementara tunggu kita perbaiki keseluruhan agar dapat di lalui warga dengan lancar guna menjual hasi pertanianya ke pasar" Ucap Dosmar.

Medengar paparan Dosmar, warga terlihat bergairah dan sembari mengucapkan terimakasih atas kunjungan Bupati ke Desanya dan bisa bertegur sapa dalam menyampaikan keluhanya.

(J S)
Next article Next Post
Previous article Previous Post