Rabu, 18 Oktober 2017

Diduga Korsleting Listrik, si Jago Merah Hanguskan Rumah Warga di Humbahas

 

Pollung,Humbahas,Sinartapanuli.com

- Nasib naas menimpa Pides Lumban Gaol (30 tahun) dan istri Boru Pandiangan (28 tahun),warga Marade,desa Sipituhuta, kecamatan Pollung Humbang Hasundutan (Humbahas).Pasalnya,rumah miliknya hangus dilalap si jago merah pada Rabu (18/10/2017) siang.Selain rumahnya,api yang diduga berasal dari percikan korseleting listrik tersebut juga sempat menjalar ke rumah saudaranya,Edu Nandis Lumban Gaol (33 tahun).

Saksi mata Samsudin Lumban Gaol (32 tahun) menyebutkan, peristiwa kebakaran tersebut terbilang cepat.Hingga warga yang berada di sekitar lokasi tak mampu berbuat banyak.

Saat  sebelum terjadi kebakaran,kata Samsudin, Pides Lumban Gaol selaku pemilik rumah sedang bekerja dan berada di ladang.Sedangkan istri dan dua anaknya tinggal di rumah. Dan anaknya yang paling sulung ada di sekolah.

Karena ada surat-surat mau di foto copy,istri Pides pun meninggalkan rumah untuk sementara sembari menggendong anaknya yang paling bungsu.Sedang anaknya yang ke dua berusia 4 tahun, saat itu ditinggalkannya di rumah.

Lanjut Samsudin,tiba-tiba saja api berkobar dan asap membubung tinggi dari rumah tersebut. Saat itu,istri Pides yang sudah kembali dari tempat pemotocopyan langsung terhenyak karena mendapati rumahnya sudah digerogoti si jago merah.Dan yang paling ditakutkannya,anaknya yang berumur 4 tahun masih di rumah.Tapi beruntung,belakangan diketahui anaknya tidak lagi berada di rumah yang terbakar tersebut dan berhasil dijumpai di semak-semak yang berada agak jauh dari rumah.

"Mungkin anak itu takut.Karena melihat api yang membesar,kemungkinan dia keluar dari rumah dan pergi bersembunyi", kata Samsudin.

Samsudin menambahkan,karena berkat laporan warga,pihak Damkar (Pemadam Kebakaran) Humbahas pun segera tiba.

"Beruntung pemadam cepat tiba di lokasi,kalau ga,pasti bakal hangus juga rumah yang di sampingnya tuh", ujar Samsudin.

Kades Sipituhuta Harianto Lumban Gaol yang dijumpai di kantornya, Kamis (19/10/2017),mengatakan tak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Tetapi menurutnya,kerugian materil ditafsir mencapai puluhan juta rupiah.

Kades tersebut juga menyebutkan,pihak korban sudah melaporkan hal tersebut terhadap pihak PLN Unit Doloksanggul.

"Karena kejadian ini diduga dari arus listrik,kita sudah sarankan si korban untuk melapor ke PLN.Dan kalau dari Dinas Sosial Humbahas, sekarang sudah dalam proses", ungkapnya.

(Rachmat Tinton)
Next article Next Post
Previous article Previous Post