Selasa, 17 Oktober 2017

Jadi Calon Bupati Taput Harus Dapat Bukti Dukungan 21.005 Foto Copy KTP

sinartapanuli.com

TARUTUNG- Rombongan pengurus partai politik (parpol) secara bergantian, terus mendatangi Kantor KPU Taput Jalan SM Taput, Selasa (17/10/2017).
Mereka mendiskusikan tentang prosedur pendaftaran kandidat Calon Kepala Daerah. Hal itu berlangsung hingga sore hari.

Ketua KPU Taput, Rudolf Sirait mengatakan, KPU Taput telah siap melaksanakan Pilkada 2018 mendatang. Sekaitan dengan Pilkada 2018 mendatang, KPU Taput dalam proses sosialisasi terhadap masyarakat dan para tokoh tentang prosedur pendaftaran calon bupati, terlebih jalur independen.

"Sekarang kami juga lebih ke sosialisasi terhadap para pendaftar jalur independen," ujar Rudolf.

Rudolf menjelaskan, untuk pendaftaran calon Bupati Jalur Independent diperlukan basis dukungan minimal 50 persen basis kecamatan dari jumlah kecamatan yang ada di Kabupaten. Karenanya, dalam hal ini di Wilayah Taput diperlukan basis dukungan delapan kecamatan dari total 15 kecamatan yang ada di Taput.

Sementara itu, lanjut Rudof, untuk dukungan dalam bentuk doto copy KTP dioerlukan 10 persen dari jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada Pemilu 2014 silam. Maka untuk kabupaten Taput, diperlukan dukungan 21.005 foto copy KTP dari minimal delapan kecamatan.

Menurutnya, hingga saat ini sudah ada relawan dari beberapa Balin Bupati yang rutin datangke KPU untuk berdiskusi tentang persyaratan calon Bupati, seperti Tim Relawan Critmanto Lumban Tobing.
Ia menambahkan, sementara untuk verigikasi Parpol, hingga kini terdapat 13 Parpol yang telah menyerahkan dokumen ke KPU Taput. Dari 13 Parpol itu, terdapat delapan Parpol yang dokumennya dianggap sudah lengkap.

Sedangkan untuk 5 Parpol lainnya, sebut Sirait, diberikan dispensasi perpanjangan selana satu hari hingga 17 Oktober pukul 24.00 WIB untuk melengkapi dokumen-dokumennya.
Next article Next Post
Previous article Previous Post