Jumat, 06 Oktober 2017

Lembaga Adat Dalihan Natolu, Dukung Pembangunan Humbahas

sinartapanuli.com

-Lembaga Adat Dalihan Natolu (LADN) Kabupaten Humbahas sebagai lembaga Non Goverment menyatakan sikap mendukung program pembangunan yang sudah tertuang melalui Visi dan Misi Bupati Humbahas.


Hal Ini disampaikan oleh ketua satu LADN Humbahas,  Tigor Munte didampingi sekretaris LADN Parulian Situmorang SPd, bersama pengurus lainnya, Dirman Sinambela, Liber Sitangggang, Mainten Lumbangaol, Rowilman Manalu dan lainnya ketika beraudensi pada Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor baru-baru ini di Doloksanggul.


Pernyataan sikap tadi, kata Tigor Munte disampaikan ditengarai adanya oknum yang berupaya menyeret dan mencoba mengarahkan sikap LADN melalui melalui Forum Pemrakarsa Pendiri Pemerhati Humbang Hasundutan (FP3HH) yang mendukung digulirkannya hak angket oleh DPRD Humbahas.


"Kami sebagai Pengurus LADN Kabupaten Humbahas tidak pernah menyepakati ataupun mengunjungi seseorang untuk mengatasnamakan LADN agar mendukung hak angket yang digulirkan oleh DPRD Humbahas. Kalau ada yang mengatasnamakan LADN itu hanyalah sebagai oknum. Oleh karena itu, pada kesempatan ini kami beri klarifikasi kepada seluruh masyarakat Humbang Hasundutan bahwa LADN tetap bekerja dan mengacu pada anggaran dasar (AD)  LADN yaitu tetap mendukung pemerintahan untuk melaksanakan kerukunan kelembagaan adat yang ada di Humbahas," kata Tigor Munte yang diamini oleh anggota LADN lainnya.


Tigor juga menjelaskan, kehadiran LADN merupakan dinding kerukunan suku batak yang sangat dikenal menjunjung tinggi kehormatan dan kesejahteraan serta menjaga keharmonisan antar sesama orang Batak dan tetap bersahabat terhadap suku lain.


"Kami menghimbau agar seluruh masyarakat tetap menjaga kekondusipan dan bekerjalah sesuai dengan profesi kita masing-masing. Disamping itu, kami juga menghimbau agar masyarakat tetap menjujung tinggi peradaban maupun budaya yang sudah diwariskan oleh leluhur kita secara turun-temurun dan berkesinambungan di Humbahas," tukasnya.


Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor SE di kompleks perkantoran Bukit Inspirasi Dolok Sanggul, Jumat 6 Oktober 2017 kepada wartawan  mengatakan sangat berterima kasih atas pernyataan sikap LADN Humbahas sebagai lembaga adat dan penata peradaban.


"Kita juga sepakat dengan pernyataan pengurus LAND agar tetap mengutamakan kerukunan antar sesama baik dari sisi adat maupun keagamaan," imbuhnya.

Dosmar juga mengakui, LADN sangat berkontribusi guna memelestarikan dan mengembangkan segala unsur adat Batak seperti bidang budaya, tradisi, kesenian, kekeluargaan dan gotong royong.


"Sebagai peneyelenggara adat istiadat di daerah ini, LADN juga memiliki peran yang sangat berarti dalam pembangunan. Bahkan LADN tetap berkontribusi menumbuh kembangkan kesadaran, saling toleran. Ini sangat sejalan dengan program Nasional yang dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo melalui Dirjen Kebudayaan yaitu budaya bersih,  seyum salam dan sapa," pungkasnya.

(Jhon Siregar)
Next article Next Post
Previous article Previous Post