Rabu, 11 Oktober 2017

Perdalam Wawasan Masyarakat dalam Bertanam Kopi, Pemkab Humbahas Gandeng Ahli dari Medan

Doloksanggul,Sinartapanuli.com

- Upaya untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat dalam bercocok tanam kopi yang baik,pihak Pemkab Humbang Hasundutan (Humbahas) melalui Dinas Pertanian melakukan kerja sama dengan ahli yang berasal dari kota Medan.

Ahli yang berkedudukan di Manager Lapangan dan Praktisi dari sebuah perusahaan yakni Khairuddin DR IR menjadi orang yang didatangkan ke Doloksanggul.

Masyarakat melalui beberapa kelompok tani pun diundang untuk mendapatkan semacam penyuluhan atau kuliah umum dari Khairuddin DR IR yang bertempat di desa Simangarossang, Doloksanggul, dekat kantor Dinas Pertanian, Rabu (11/10/2017).

Dalam kesempatan tersebut, Khairuddin pun menjabarkan cara-cara menanam kopi yang baik.Mulai dari proses pembibitan,penyediaan lahan,pemanenan,dan perawatan dijelaskannya dengan sangat gamblang.Tak hanya itu,cara meremajakan tanaman kopi pun luput dari sorotannya dalam pertemuan tersebut.

Juga cara mendapatkan kompos dan obat-obat pertanian dengan cara yang mudah pun diuraikan Khairuddin. Karena bahan-bahan yang digunakan juga berasal dari tumbuh-tumbuhan yang relatif mudah dicari di bumi Humbang Hasundutan.

"Bapak ibu,kita jangan terlalu banyak memakai pupuk kimia,karena pupuk organik atau pun pupuk kandang jauh lebih baik karena tidak merusak ekosistem lahan pertanian", ujar Khairuddin di sela-sela ceramahnya.

Kegiatan yang juga di isi sesi tanya jawab ini nyaris memakan waktu seharian.Selain dihadiri Khairuddin DR IR dan rombongannya,turut juga hadir Kabid Dinas Pertanian Humbahas Roniani Naibaho dan stafnya Lenny Sihombing.Juga ratusan masyarakat dari berbagai puluhan kelompok tani yang tersebar dari Humbahas ikut menghadiri pertemuan penting tersebut.

Ratusan masyarakat yang hadir terlihat sangat antusias.Mereka juga menyempatkan diri menyampaikan rasa terimakasihnya atas ceramah Khairuddin yang dinilai mudah dipahami dan dicerna.

"Mantap kali bapak itu menjelaskan perihal bertanam kopi yang baik.Ada banyak ilmu yang kami dapat.Apalagi kata demi per kata yang diucapkan bapak itu sangat mudah kami tangkap.Jadi lebih naik lagi semangat kerja kami", ujar salah satu ketua kelompok tani yang menghadiri kegiatan tersebut.

(Rachmat Tinton)
Next article Next Post
Previous article Previous Post