Selasa, 17 Oktober 2017

Puluhan Rumah di Hutapaung Kecamatan Pollung Humbahas Terancam Digusur

Pollung,Humbahas,Sinartapanuli.com

- Sebanyak puluhan bangunan rumah permanen dan semi permanen yang berada di Simpang Tiga hingga Kompleks Perkantoran Camat dan Polsek Pollung Hutapaung kecamatan Pollung Humbang Hasundutan (Humbahas) terancam bakal digusur.

Hal ini diakui salah satu warga yang menempati lokasi yang terancam dieksekusi.

"Padahal kami dulu uda beli tanah ini dari keluarga Hobbar Lumban Gaol.Tapi entah kenapa,belakangan mereka kalah di pengadilan karena dilaporkan oleh keluarga beliau juga.Jadi kami pun di sarankan untuk kembali mengganti rugi pada penggugat yang berhasil menang pengadilan", ujar warga tersebut seraya memperlihatkan secarik kertas berisi undangan dari pihak Polres Humbahas terkait perihal masalah tersebut, Selasa (17/10/2017).

Berdasarkan surat yang ditunjukkan warga tersebut, pihak penggugat Walter Lumban Gaol dan kawan-kawan berhasil memenangkan perkara perdata tersebut.Sedangkan pihak tergugat yakni Hobbar Lumban Gaol dan kawan-kawannya kalah berdasarkan putusan Pengadilan Negeri Tarutung tanggal 26 September 2001 Nomor 05/Pdt.G/2001/PN-Trt ,yo putusan Pengadilan Tinggi Medan tanggal 24 Januari 2002 Nomor 464/PDT/2001/PT-MDN,yo putusan Mahkamah Agung RI tanggal 18 Juni 2007 Nomor 3295K/PDT/2002 ,yo putusan Mahkamah Agung RI tanggal 23 Desember 2008 Nomor 404PK/PDT/2008.

Hal ini menguatkan kalau pemilik tanah yang dulu menjadi lahan sengketa tersebut adalah pihak Walter Lumban Gaol. Hal tersebut berkekuatan hukum. Dan pihak Hobbar Lumban Gaol yang diketahui sebelumnya sebagai penjual tanah tersebut ke beberapa warga dipastikan kalah di pengadilan.

Akibat banyaknya dulu warga yang membeli tanah untuk dijadikan rumah di lokasi tersebut dari pihak Hobbar Lumban Gaol, maka dipastikan rumah-rumah tersebut terancam untuk digusur.

"Tapi pihak pemenang yakni keluarga Walter Lumban Gaol juga punya kebijakan.Mereka juga ga asal eksekusi nantinya kok,mereka juga mengadakan pendekatan kepada kami selaku pemilik bangunan", kata Banjarnahor yang juga salah satu pemilik rumah di lokasi tersebut.

Pihak Polsek Pollung melalui Kapolsek Iptu Nover Gultum S.Sos saat dimintai keterangannya terkait hal tersebut, pihaknya membenarkannya.Tapi untuk keterangan lebih subjektif,pihakny menyarankan awak media ini untuk menghubungi pihak Polres Humbahas.

"Memang itu benar,tapi kalau mau informasi yang lebih detail,silahkan ke Humas Polres", ujarnya singkat

 

 

 

(Rachmat Tinton)
Next article Next Post
Previous article Previous Post