Rabu, 15 November 2017

Bobby Nasution dan Kahiyang Putri Jokowi Akan Manortor

Sinartapanuli.com - Pasangan Muhammad Bobby Afif Nasution dengan Kahiyang Ayu akan mengikuti tarian tortor "Somba-somba" sebagai bagian dari saat pesta adat dan penabalan marga Siregar terhadap puteri Presiden Joko Widodo di Bukit Hijau Regency Taman Setia Budi Indah Medan.


"Tarian Somba-somba ini merupakan bagian dari adat yang dilaksanakan. Dalam acara ini, setiap pasangan yang baru menempuh hidup diwajibkan untuk meminta maaf terhadap orangtua," ujar pengelola Sanggar Musik Gunung Kulabu Pakantan, Bakti Lubis Sutan Kumala Porang, Rabu (15/11).


Bakti Lubis, seniman asal Mandailing, merupakan pemilik sanggar yang dipercayakan untuk menangani prosesi ritual adat pasangan Bobby dan Kahiyang. Dalam acara itu, pasangan ini juga akan meminta maaf kepada Presiden Joko Widodo, orangtua Kahiyang Ayu, mertua Bobby.


"Ada lagi ritual adat yang mereka laksanakan selain mengikuti tarian somba tersebut. Sebelum itu, kaki dan tangan pasangan ini akan dibasuh. Istilah Mandailing itu namanya dipangiri. Tujuan dari semua prosesi adat itu demi kebaikan pasangan tersebut," katanya.


Selain itu, juga ada tortor para raja-raja dari marga yang turut berbicara, merestui dan turut mendoakan agar pasangan Bobby dan Kahiyang menjadikan keluarga sakinah, mawadah, dan warohmah. Acara adat itu dilaksanakan tanggal 24-25 November. Resepsi umum dilaksanakan 26 November 2017.


Pesanan Hotel

Tingkat pemesanan hotel menjelang acara ngunduh mantu Presiden Joko Widodo di Medan, mengalami peningkatan. Mereka yang memesan kamar hotel merupakan para undangan yang akan hadir di acara pesta adat Bobby-Kahiyang. Jumlah undangan yang memesan kamar hotel tidak sedikit.


"Ada peningkatan pemesanan kamar dari tanggal 21-26 November. Bahkan, kamar yang tersedia hampir penuh. Pemesan kamar dipastikan para undangan yang akan hadir dalam acara ngunduh mantu Presiden.," ujar Public Relations Hotel JW Marriott Medan, Peri.


Menurutnya, pemesanan kamar hotel yang mengalami peningkatan ini memang berbeda dengan hari-hari sebelumnya. Sebab, di hari biasa atau jauh hari sebelum acara ngunduh mantu Presiden, tingkat pesanan kamar hotel masih biasa saja.


Hal senada juga disampaikan staf PR Hotel Santika Dyandra Medan, Amanda. Jumlah pesanan kamar untuk pekan depan, persisnya menjelang acara pesta adat Bobby dan Kahiyang, mengalami peningkatan. Jumlah pesanan kamar itu pun dipastikan semakin bertambah banyak menjelang acara dilaksanakan.
Next article Next Post
Previous article Previous Post