Rabu, 15 November 2017

Dihari Kedua Bimtek Kades se-Humbahas. Bupati Dosmar Beri Motivasi

Doloksanggul. (Sinartapanuli.com)

- Ratusan Peserta Bimbingan Teknis Paralegal, Hukum, Pembinaan,Pengawasan, Pengelolaan Dana Desa 2017 di Humbahas diharapkan beri manfaat besar bagi kepala Desa dan perangkat desa.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari ini 14-15 November 2017 dihadiri oleh nara sumber dari para penegak Hukum dan Dari Dinas BPMD2A Humbahas serta Bupati Humbanghasundutan Dosmar Banjarnahor.

Selain kepala Desa Acara ini juga diikuti oleh para perangkat Desa se- Kabupaten Humbanghasundutan.

Di hari terkahir dalam pertemuan ini Dalam sambutanya Bupati Menjelaskan program pemerintah saat ini sangat serius dalam membangun dan sangat penting pula dalam keberhasilanya harus di ikuti Partisipasi semua kalangan pemerintahan Desa khususnya saat ini yang telah bergulir dari Progran Pusat yaitu Dana Desa.


Dosmar berharap, kiranya anggaran yang telah diplot dalam Alokasi Dana Desa agar kiranya dimanfaatkan secara benar dalam peruntukanya. Dan Ia menekankan dengan ketatnya pengawasan oleh penegak hukum tidak ada alasan bagi penyelenggara Dana Desa untuk bermain main dalam menggunakanya.

Bupati dalam kesempatan itu, Menyarankan sesuai dengan informasi yang diterimanya banyak di dusun-dusun  yang mengeluhkan masalah Air Minum. Hal ini ditegaskanya menjadi permasalahan yang harus di perhatikan oleh para kepala desa kedepanya agar direalisasikan untuk tahun depan.

'Masi banyak di dusun-dusun kita saat ini yang mengeluhkan masalah air, kasihan para orang tua kita. Harus berjalan kaki dan masih manual dari sumber airnya untuk hanya menggunakan kebutuhan sehari hari. Tolong bapak/ibu untuk tahun 2018 tolong dianggarkan di dana desa dalam penyediakanya' ucapnya.

Terkahir Bupati meminta, khususnya PPS (Pendamping Pertanian Swadaya) yang sudah ditempatkan di semua Desa agar terus dipantau dan jika tidak bekerja sesuai dengan ketentuan agar segera di evaluasi.
 Dan pada kesempatan ini Dosmar menegaskan agar Kepala Desa benar benar menerapkan Dana tersebut dengan baik jangan sampai ada masalah apalagi menyangkut hukum seperti Korupsi, dan penyelewengan dana desa agar saling menjaga dan sama sama membangun Humbanghasundutan.

' Hindari diri dari namanya korupsi, sekarang ada program padat karya Bapak presiden Jokowi, libatkan masyarakat dalam pembangunan desa, manfaatkan dana desa dalam pemerataan pembangunan desa' Terangnya.

Di akhir acara, Setelah selesai pemaparan oleh Bupati Humbanghasundutan acara di lanjutkan dengan sesi tanya jawab.

Dan setelah sesi ini Bupati resmi menutup acara Bimbingan Teknis tersebut, dengan harapan apa yang menjadi pembahasan selama dua hari ini menjadi bahan dan masukan bagi kepala desa untuk lebih baik lagi dihari mendatang.



(TIM)
Next article Next Post
Previous article Previous Post