Kamis, 16 November 2017

Tingkatkan Keprofesionalan Para Guru, Bupati Humbahas Buka Seminar Nasional, Inovasi dan Teknologi Informasi

Sinartapanuli.com (Doloksanggul Humbahas)

-Bupati Humbang Hasundutan, Dosmar Banjarnahor, SE yang diwakili oleh Asisten Pemerintahan, Drs. Tony Sihombing, MIP membuka secara resmi Seminar Nasional, Inovasi dan Teknologi Informasi (SNITI) yang dilaksanakan Forum Intelektual Harapan Anak Negeri (IHAN) Batak dalam rangka meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) para guru se-Kabupaten Humbang Hasundutan (16/11) di Aula Hutamas, Perkantoran Tano Tubu.
Bupati Humbang Hasundutan dalam sambutan tertulis yang dibacakan Asisten Pemerintahan, Drs Tony Sihombing, MIP menyampaikan perkembangan teknologi di bidang informasi dan komunikasi (TIK) begitu pesat, sehingga akses ke seluruh dunia tanpa batas ruang dan waktu. Perkembangan ini mendorong pergeseran penggunaan media tradisional menjadi media berbasis digital.



Berdasarkan instruktur presiden Nomor 3 Tahun 2003 tentang kebijakan dan strategi nasional pengembangan e-government, diamanatkan pemerintah dituntut memanfaatkan teknologi komunikasi dan informasi dalam proses pemerintahan (e-government) untuk meningkatkan efisiensi, efektifitas, transparansi dan akuntabilitas penyelenggaraan pemerintah.


Ditambahkannya, dalam menyikapi hal tersebut Pemkab Humbang Hasundutan secara bertahap dan berkesinambungan membangun infrastruktur jaringan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dan data center terpadu dan terintegrasi di Dinas Kominfo yang menghubungkan seluruh instansi/organisasi perangkat daerah (OPD), kecamatan, puskesmas diseluruh Pemkab Humbang Hasundutan.

Sesuai dengan program Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di seluruh kabupaten/kota se - sumatera utara, pada tanggal 24 oktober 2016 yang lalu di tarutung, telah di tandatangani mou antara KPK dengan Bupati Humbang Hasundutan tentang program rencana aksi pemberantasan korupsi teringterasi. Salah satu program rencana aksinya adalah pembangunan, pengembangan dan pengimplemetasian aplikasi e-government antara lain aplikasi e-planning, aplikasi e-perizinan, aplikasi e-budgeting, e-kinerja.



oleh karena itu, pemerintah kabupaten humbang hasundutan berkomitmen untuk menyelenggarakan tata kelola pemerintahan yang baik (good governance) dan meningkatkan layanan publik yang efektif dan efisien sesuai dengan visi mewujudkan humbang hasundutan yang hebat dan bermentalitas unggul.


Pada kesempatan yang sama Ketua Panitia, DR Saronom Silaban, M.Pd kepada media menyatakan kegiatan ini merupakan seminar ke empat. Pertama sampai ketiga dilaksanakan di Kabupaten Samosir dengan. Salah satu tujuan Forum IHAN Batak ini adalah pelaksanaan SNITI. Forum IHAN melaksanakan beberapa kegiatan seperti penelitian, pendidikan dan pengabdian.


“SNITI ini bertujuan untuk meningkatkan keprofesionalan para guru, memperkaya kemampuan guru. Jangan hanya dalam bentuk sertifikat tetapi seorang guru harus mampu setidaknya penelitian tindakan kelas, mampu memahami dan menyelesaikan permasalahan siswa dalam kelas. Seorang guru harus mampu juga membuat karya tulis, makalah dan lainnya” Ujar Saronom.


Kegiatan ini akan dilaksanakan selama dua hari dengan menghadirkan pembicara Direktur Pasca Sarjana UNIMED, Prof. DR. Bornok Sinaga, M.PD, Dosen UNIKA Santo Thomas Medan, Dosen Pasca Sarjana USU, DR Zakaria Situmorang, M.Kom.


Selain seminar, kegiatan ini diisi dengan pelantikan Badan Pengurus Harian Forum IHAN Batak. Ketua Umum DR Juniastel Rajagukguk, Sekretaris Toni Limbong, M.Kom, Wakil Sekretaris, Kammer Sipayung, M.Pd, Bendahara, DR. Naiklan Simbolon.


(TIM/Kominfo)
Next article Next Post
Previous article Previous Post