Jumat, 15 Desember 2017

Akhirnya, AM dan BS Berhasil Diringkus Polsek Pakkat Humbahas.

Sinartapanuli.com HUMBAHAS – Dua dari tiga pelaku pencurian baterai tower jaringan seluler yang beraksi di Desa Nagodang Kecamatan Onanganjang Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), akhirnya  ditangkap petugas Polsek Pakkat, Rabu (13/12/2017), setelah sebelumnya sempat melarikan diri kesemak semak di daerah itu. Kedua pelaku yang diamankan berinisial AM ((23) dan BS (32), sedangkan satu orang lagi masih dalam pencarian.

Kapolsek Pakkat AKP D Sembiring mengungkapkan, bahwa dua pelaku pencuri baterai tower jaringan seluler tersebut diamankan dari tempat berbeda. Dia juga menjelaskan bahwa dirinya langsung memimpin penangkapan tersebut.


“Kita menangkap AM di Desa Tukka, Kecamatan Pakkat sekira pukul 16.00 WIB. Sementara BS kita amankan di salah satu halte bus di Kota Pakkat sekira pukul 17.30 WIB. Saat ditangkap, keduanya tidak melakukan perlawanan,” ujarnya.

Disampaikannya, saat diinterogasi di Mapolsek Pakkat, tersangka AM dan BS mengaku melakukan pencurian baterai tower jaringan seluler dari Desa Batu Nagodang, Kecamatan Onanganjang yang rencananya akan dijual Rp 500 ribu per buah.

“Pelaku ada tiga orang, satu lagi masih kita kejar. Kedua pelaku mengaku mencuri baterai itu dari Kecamatan Onanganjang. Jumlah baterai yang mereka curi ada delapan,” terangnya.

Terpisah, Kasubbag Humas Polres Humbahas, Iptu R Sianipar, membenarkan penangkapan tersebut. Dia mengungkapkan, tersangka AM merupakan warga asal Kecamatan Sorkam, Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) yang sehari-harinya bekerja sebagai karyawan cafe. Sedangkan tersangka BS adalah warga Desa Matiti, Kecamatan Doloksanggul dengan pekerjaan petani.

Dia juga menjelaskan bahwa kasus ini nantinya akan ditangani Polsek Onanganjang karena tempat kejadian perkara berada di Onanganjang.

“Untuk penanganan kasus ini nanti adalah Polsek Onanganjang karena terkait locus delicti (berlakunya hukum pidana yang dilihat dari segi lokasi terjadinya perbuatan pidana),” ujar Sianipar.

Sebelumnya diberitakan, Aparat kepolisian sektor Pakkat, Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), terpaksa menembak mobil yang dikemudikan terduga sepesialis pencuri baterai tower jaringan seluler, Rabu (13/12) dini hari sekitar pukul 03.00 WIB, persis di depan Mapolsek Pakkat karena berusaha kabur dan hampir menabrak Kapolsek setempat AKP D Sembiring.

Informasi yang dihimpun Warta Tapanuli, setelah berhasil menggondol baterai tower jaringan telekomunikasi di daerah Kecamatan Onanganjang, kawanan pencuri ini  melaju ke arah Kecamatan Pakkat.

Setiba di depan kantor Polsek Pakkat, mobil kawanan maling ini pun berusaha kabur dan nyaris menabrak petugas yang mencoba menstop mereka, hingga akhirnya terjadi tembakan dan pengejaran.

Saat pengejaran, mobil itu menabrak mobil jenis pick up pembawa buah durian hingga masuk parit. Namun pengemudi dan penumpangnya langsung melarikan diri ke arah semak belukar

(Sumber:Warta/TIM)
Next article Next Post
Previous article Previous Post