Kamis, 21 Desember 2017

Bimbingan Teknis Kepala Desa dan PPS Se-Kab. Humbang Hasundutan. Ini Arahan Bupati...


Doloksanggul(Sinartapanuli.com) - Dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan keterampilan Sumber Daya Manusia  Penyuluh Pertanian Forum Komunikasi Kepala Desa Se-Kabupaten Humbang Hasudutan menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Bagi Penyuluh Pertanian Swadaya (PPS) di Aula Huta Mas Kompleks Tano Tubu Doloksanggul pada tanggal 21 Desember 2017 yang dikuti oleh 100 (seratus) orang Peserta PPS dan Kepala Desa.


 Bupati Humbang Hasundutan Dosmar Banjarnahor. SE membuka  acara Bimbingan Teknis Kepala Desa dan PPS Se-Kab. Humbang Hasundutan didampingi pimpinan OPD Kab. Humbang  Hasundutan. Kamis (21/12).

Bimbingan Teknis ini diselenggarakan atas kerjasama antara Forum Komunikasi Kepala Desa Se-Kab. Humbang Hasudutan dengan LPPM Institut Teknologi Del Laguboti.


 Bupati menyarakan agar Bimtek Bagi PPS Se- Kabupaten Humbang Hasundutan ini dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan PPS dalam melakukan penyuluhan baik dari segi teknis maupun kelambagaan. Tujuan Bimtek Bagi PPS ini adalah sebagai media tukar menukar informasi/pengalaman dan belajar serta membangun jejaring kerja antara fasilitator dan para pihak terkait.


 Setelah kegiatan berlangsung diharapkan para penyuluh dapat membantu pemerintah dan masyarakat dalam mengembangkan sistem penyuluhan pertanian yang efektif, efisien dan produktif, mengembangkan serta menyebarluaskan ilmu, metode, teknologi dan manajemen penyuluhan pertanian serta membina jiwa korsa, mengembangkan profesionalisme dan menyalurkan aspirasi pertanian.


  Sebelum mengakhiri arahannya, Bupati mengharapkan agar PPS dapat menjadikan Humbang Hasundutan menjadi lumbung pangan dan lumbang swasembada pangan dan komoditi di Humbang Hasundutan antara lain kopi, jagung, tomat dan cabe.

Sementara itu Ketua Forum Komunikasi Kepala Desa Humbanghasundutan Jamanat Sihite menjelaskan dengan pelatihan ini ia berharap kiranya dapat menambah pengetahuan dan khususnya Penyuluh Pertanian Swadaya yang sudah tersebar di seluruh Desa yang ada di humbanghasundutan.

"Termasuk tadi pelatihan dan pendampingan penggunaan Aplikasi Pantau Juma, mereka dilatih cara menggunakanya, dan saya rasa kegiatan ini sangat bermanfaat dalam pelatihan tersebut apalagi yang kita ketahui di era digital saat ini aplikasi yang demikian sangat diperlukan" Akhirnya.

 (Tim)
Next article Next Post
Previous article Previous Post