Selasa, 19 Desember 2017

Ini Daftar Gubernur,Bupati,Walikota Penerima Penghargaaan Leadership Award 2017

Sinartapanuli.com - Walau berada di antara kaum pria, Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini justru unggul dalam Leadership Award 2017.
Perempuan yang akrab disapa Risma itu terpilih sebagai kepala daerah berprestasi dan menerima apresiasi dari Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (RI).
Penghargaan atas prestasi tersebut diungkapkan Kepala Pusat Litbang Otonomi Daerah, Kesatuan, Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri, Syabnikmat diberikan kepada Risma setelah melalui sejumlah kajian kepemimpinan yang didasarkan pada tujuh aspek, yakni kapabilitas, akseptabilitas, kompatibilitas, kredibilitas, integritas, rekam jejak dan inovasi.


Mendagri Tjahjo Kumolo saat mengikuti acara Leadership Award 2017. (Foto: Istimewa)
Mendagri Tjahjo Kumolo saat mengikuti acara Leadership Award 2017. (Foto: Istimewa) ()

Penilaian terhadap kinerja kepala daerah tersebut dilakukan oleh tim penilai independen yang berasal dari kalangan praktisi dan akademisi pemerintahan daerah, antara lain Peneliti dan Pengamat Politik LIPI Siti Zuhro, Margaretha Ari Anggorowati dari STIS, Muchlis Hamdi dari IPDN, Firmanzah dari Universitas Paramadina, Kris Budihardjo dari RKIH, Robert Endi Jaweng dari KPPOD serta Aat Surya Safaat selaku wartawan senior.
"Dengan adanya kepala daerah dengan penghargaan tersebut, Kemendagri berharap mereka mampu mendorong dan memotivasi kepala daerah lain untuk melakukan percepatan pembangunan di daerah," ungkapnya dalam siaran tertulis pada Senin (19/12/2017) malam.
Bersamaan, Aat Surya Safaat memaparkan, terdapat empat kriteria penilaian, antara lain kepala daerah telah menjabat minimal empat tahun, telah mendapat penghargaan kredibel dari institusi dalam maupun luar negeri, tidak tersangkut kasus hukum dan mendapatkan citra baik di media massa.
"Tujuan pemberian penghargaan itu untuk mencari 'mutiara' daerah yang nantinya dapat menjadi calon pemimpin bangsa, serta diharapkan para kepala daerah yang mendapatkan penghargaan tersebut dapat menjadi contoh dan teladan bagi kepala daerah lainnya," ungkapnya.
Sementara itu, selain Risma, Wali Kota yang mendapatkan penghargaan adalah Wali Kota Payakumbuh Rizal Effendi, Wali Kota Lubuk Linggau Prana Putra Sohe, Wali Kota Pontianak Sutarmadji, Wali Kota Bandung Ridwan Kamil dan Wali Kota Samarinda Syaharie Ja'ang.
Leadership Award pun diberikan kepada gubernur, bupati dan Walikota lainnya, antara lain Gubernur Jawa Timur Soekarwo, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heriawan, Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo, Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno dan Gubernur Nusa Tenggara Barat Zainul Majdi.
Sedangkan, bupati yang memperoleh penghargaan adalah Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, Bupati Lamongan Fadli, Bupati Pinrang Aslam Patonangi, Bupati Bantaeng Nurdin Abdullah, Bupati Sleman Sri Purnomo, Bupati Kulonprogo Hasto Wardoyo, Bupati Sijunjung Yuswir Arifin Dt. Indo Marajo, Bupati Agam Indra Catri, Bupati Ogan Komering Ulu Kuryana Azis, Bupati Lombok Tengah Mohammad Suhaili serta Bupati Tanah Bumbu Mardani Maming
Next article Next Post
Previous article Previous Post