Selasa, 19 Desember 2017

Kementerian Dan Pemkab Humbahas Salurkan Bantuan Bibit Kopi Kepada Masyarakat


Doloksanggul,Sinartapanuli.com - Pemerintah kabupaten Humbanghasundutan  (Humbahas) melalui Dinas Pertanian,menyalurkan bantuan bibit kopi terhadap warganya.Bantuan ini diberikan oleh pihak kementerian dan didistribusikan melalui Dinas Pertanian kabupaten/daerah yang didampingi para PPL dari berbagai kecamatan di Humbahas.

Sesuai informasi yang dihimpun dari Kadis Pertanian Humbahas Jaunter Marbun melalui stafnya Ferry Sinullingga,ada sebanyak 50 ribu batang bibit kopi yang sudah didistribusikan ke seluruh masyarakat semenjak bulan November lalu.Dan sebelum bibit kopi tersebut disalurkan,kata Ferry,masyarakat sudah terlebih dahulu sebelumnya menerima bantuan pupuk organik sebanyak 50.000 Kg.


Ditanya tentang siapa saja yang akan  menerima bantuan tersebut,Ferry mengatakan ada 11 kelompok tani yang berasal dari seluruh wilayah Humbahas yang menerimanya.Dan hal tersebut katanya,sudah ditetapkan oleh Kadis Pertanian Humbahas melalui Keputusan ber nomor 243 Tahun 2017 tentang Usulan Calon Petani / Calon  Lokasi Penerima Bantuan Kegiatan Peremajaan Tanaman Kopi Arabika Sumber Dana APBN-P  Tugas Pembantuan Satuan Kerja Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara pada Dinas Pertanian Kabupaten Humbahas Tahun Anggaran 2017. 11 kelompok tani tersebut,kata Ferry,sudah memenuhi syarat sesuai dengan hasil laporan PPL dan permohonan warga atau anggota kelompok tani tersebut.11 kelompok tani tersebut adalah kelompok tani Hotani,Sukatani,Marparbue Nauli, Bersama,Kasih,Rap Maruli,Maduma,Pea Sigaol Tani,dan Dos Roha.


Ditambahkannya,jenis bibit kopi yang disalurkan tersebut adalah arabika dengan varietas Sigarar Utang.
"Jadi sangat layak dengan kondisi dan struktur tanah di wilayah kita",katanya.


Lanjut Ferry,kopi tersebut dianjurkan ditanam dengan menggunakan pupuk organik 1 kg setiap batangnya.
"Dan dalam satu hektare lahan cocoknya ditanam sebanyak 1000 batang pokok kopi jenis ini",tukasnya.


Terpisah,salah seorang warga yang sekaligus ketua kelompok tani Rap Maruli,warga Desa Parsingguran,Guntur Banjarnahor mengaku sangat senang dan mengapreasi bantuan ini.Menurutnya,ini bisa menjadi salah satu modal warga untuk mengembangkan potensi perkopian di Humbahas ini.


"Bantuan ini sangat kita apresiasi,dan kita sebagai warga harus menghargai pemerintah kita dan menggunakan ini dengan semaksimal mungkin,apalagi ini gratis",ujarnya.


(R Tinton)
Next article Next Post
Previous article Previous Post