Selasa, 16 Januari 2018

28 Desa di Humbahas Bakal Ikuti Pilkades 2018. Ini Rincianya.....

Doloksanggul(Sinartapanuli.com) - Pemilihan kepala desa (pilkades) tahun ini di kabupaten Humbanghasundutan (Humbahas) bakal diikuti 28 desa dari 9 kecamatan.




Kecamatan Parlilitan akan mengikutsertakan 8 desa,yakni desa Sihar Hasugian Dolok II,desa Sionom Hudon VII,desa Sionom Hudon Julu,Pusuk I,desa Simataniari,desa Sionom Hudon Runggu, desa Janji Hutanapa,dan desa Beringin Natam.


Sementara Kecamatan Pollung dan Kecamatan Onan Ganjang sama-sama mengikutsertakan 1 desa saja dari masing-masing kecamatan.Dari Kecamatan Pollung,Pilkades akan diikuti desa Pandumaan,dan dari kecamatan Onan Ganjang diikuti oleh desa Sanggaran II.


Sebanyak 6 desa dari kecamatan Pakkat akan turut serta di Pilkades 2018 yakni desa Rura Tanjung,desa Lumban Tongatonga,desa Pakkat Hauagong,desa Siambatan Pahae, Panggugunan,dan desa Hauagong.


Sedangkan Kecamatan Paranginan,Kecamatan Lintongnihuta,dan Kecamatan Doloksanggul, akan mengikutsertakan 2 desa dari masing-masing kecamatan.Desa Paranginan Selatan dan desa Siborutorop adalah desa yang mengikuti Pilkades dari kecamatan Paranginan.Dari kecamatan Lintongnihuta di ikuti oleh desa Nagasaribu II dan desa Sibuntuon Parpea.Sementara dari kecamatan Doloksanggul bakal diikuti desa Sosor Tambok dan desa Sosortolong Sinode III.


Di kecamatan Tarabintang akan diikuti 3 desa yakni desa Marpadan,desa Mungkur dan desa Sibongkare Sianju.Dan untuk kecamatan Baktiraja,juga diikuti 3 desa,yakni desa Marbun Toruan,desa Sinambela,dan desa Siunongunong Julu.


Kadis BPMDP2A Ebenezer Simanungkalit mengatakan pilkades 2018 untuk kabupaten Humbahas rencananya bakal digelar pada bulan Juli dan Agustus mendatang.


"Kita hanya menunggu perbup saja untuk jadwal kepastian pilkades yang lebih subjektif nantinya",ujar Ebenezer saat ditemui di kantornya,Rabu (17/01/2018).


Ditambahkannya, Pilkades adalah salah satu bagian dari pesta perhelatan demokrasi.Maka dari itu,dirinya berharap agar suasana aman dan kondusif saat menjelang Pilkades dan maupun sesudahnya,akan tetap terjaga nantinya.


"Kita berharap,jangan nanti gara- gara pilkades hubungan kekeluargaan jadi renggang.Gesekan-gesekan sosial yang hasilnya berakibat negatif kita harap tidak terjadi.Kita harus bersinergi bersama-sama meminimalisir hal-hal yang merusak persaudaraan",tutupnya.

(R Tinton/RJ)
Next article Next Post
Previous article Previous Post