Rabu, 17 Januari 2018

Bupati Humbahas Panen Jagung di Lintongnihuta

Doloksanggul (Sinartapanuli.com) -Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor SE bersama Plt Sekdakab Drs AP Marbun MSi, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Drs Lamhot Hutasoit, Kadis Pertanian Ir Junter Marbun, Kabag Protokol Drs Jakkon Marbun, Camat Lintongnihuta Jara Trisepto Lumbantoruan SPd panen jagung milik petani Kampung Mail Sihombing di Dusun Buluan Ganjang Desa Lobutua Kecamatan Lintongnihuta, Rabu (17/1). 


    Sambil memanen jagung, Bupati Humbahas mengucapkan terimakasih kepada petani Kampung Mail Sihombing karena ikut berperan mendukung program penanaman jagung di Humbang Hasundutan.


 “Saat ini penanaman jagung sedang diprogramkan di Humbang Hasundutan. Bertani jagung tergolong mudah, disamping cepat panen modal tidak begitu banyak. Tidak perlu pestisida. Harga sudah pasti menjanjikan, saat ini Pemkab sudah membuat harga minimal Rp 3.150/kg. Kalau harga jagung di pasaran dibawah Rp 3.150/kg, para petani silahkan membawa hasil panennya ke kantor camat masing-masing. Itu pasti dibayar, karena Pemkab sudah bekerjasama dengan pihak ketiga untuk menampung seluruh panen jagung di wilayah Humbang Hasundutan” ujar bupati sambil berharap agar penanaman jagung yang dibuat Kampung Mail Sihombing bisa dicontoh masyarakat.


   Masih dalam memanen jagung, Kampung Mail Sihombing bercerita kepada bupati, bahwa tanah lokasi penanaman jagung  sudah enam (6) kali berturut-turut dengan tanaman yang sama.



Walaupun sudah berulang kali bercocok tanam, tidak merusak kwalitas tanah dan hasilnya tetap menjanjikan. “Jagung ini saya tanam untuk mendukung program pemerintah, karena saat ini Pemkab Humbahas sedang giat-giatnya menanam jagung. Program ini sebenarnya harus disambut masyarakat dengan baik, karena petani sudah dibantu. Pemkab sudah menyiapkan alat-alat mesin pertanian termasuk bibit. Petani tinggal mempergunakannya. Jadi program seperti ini harus didukung. Aku sendiri sudah tua tapi tetap bertani” kata Mail Sihombing.   


 (TIM/Protokol)
Next article Next Post
Previous article Previous Post