Senin, 29 Januari 2018

Bupati Resmikan Kantor Kepala Desa Pandumaan di Kecamatan Pollung

Doloksanggul (Sinartapanuli.com) -Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor SE diwakili Asisten Pemerintahan Drs Tonny Sihombing MIP resmikan kantor Kepala Desa Pandumaan di Kecamatan Pollung, Senin (29/1). Peresmian kantor desa merupakan yang pertama kali dilaksanakan di Kabupaten Humbang Hasundutan setelah dimekarkan tahun 2003 lalu.

Peresmian yang ditandai dengan penandatanganan berita acara dihadiri Kabag Tapemum Naik M Sinambela, Danramil Pollung Kapten Parlin Sirait, Kapolsek Pollung Iptu Nover Gultom, Camat Pollung Haposan Lumbangaol SPd yang juga sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Desa Pandumaan, Ketua BPD Pandumaan James Sinambela dan ratusan warga setempat.

Tonny Sihombing mengatakan peresmian kantor desa ini merupakan tugas pemerintahan.  Pemerintahan di Indonesia bertingkat mulai pusat, provinsi, kabupaten, kecamatan dan desa. Tahun 2010 di Kabupaten Humbang Hasundutan sudah tuntas pembangunan kantor desa dan tahun 2012 semua Kepala Desa sudah mendapatkan sepeda motor. Namun walaupun demikian, pembangunan sarana dan prasana belum memadai. Sehingga secara bertahap, sarana di kantor desa mulai dibenahi supaya layak dikatakan kantor. Sebagian kantor desa di Humbang Hasundutan sudah dilengkapi dengan sarana air bersih, listrik termasuk mobiler. Salah satu diantaranya yang sudah termasuk lengkap sarana dan prasarananya kantor Desa Pandumaan. Sehingga dengan kesepakatan desa dilaksanakan peresmian kantor.


Tonny Sihombing berharap agar kantor desa itu segera beroperasi untuk melayani kepentingan masyarakat. Kantor desa agar dijadikan tempat berkumpul, tempat pertemuan para masyarakat untuk membahas pembangunan. Kantor ini dipakai untuk melayani masyarakat. Saat ini, kata Asisten Pemerintahan, bahwa Kecamatan Pollung jadi percontohan di Kabupaten Humbang Hasundutan. Banyak terobosan baru yang diciptakan Camat Pollung Haposan Lumbangaol SPd. Satu diantaranya perang melawan sampah khususnya plastik. Ini terlaksana karena ada kemauan masyarakat.


  Plt Kepala Desa Pandumaan Haposan Lumbangaol menjelaskan kantor Desa Pandumaan sudah dibangun sejak 2008 lalu tapi tidak bisa  melayani masyarakat karena fasilitas belum memadai. Tahun 2016, secara bertahap fasilitas itu dibangun dan dilengkapi baik itu listrik, kamar mandi , air bersih, mobiler dan pagar keliling. Setelah itu lengkap, dengan kesepakatan masyarakat kantor desa itu diresmikan. Setelah diresmikan, kantor Desa Pandumaan akan buka setiap jam kerja untuk melayani masyarakat.  Camat Pollung itu juga mengatakan di Kecamatan Pollung sudah menerapkan 2 kali seminggu mengutip sampah plastik agar bersih lingkungan.  Pollung perang dengan sampah plastik. Ini bisa terlaksana atas kemauan dan kerjasamanya dengan masyarakat. Mendukung program itu, 25 tong sampah sudah dikirim Dinas Lingkungan Hidup ke Kecamatan Pollung.


Sementara itu Rensus Nainggolan mewakili masyarakat mengatakan sepanjang masa baru kali ini kantor desa diresmikan bahkan dihadiri pemerintah. Kantor desa ini dijadikan sebagai milik masyarakat bukan milik pribadi. Diminta kepada Kepala Desa Pandumaan agar menempatkan personil di kantor setiap harianya agar bisa melayani masyarakat dengan baik. Begitu juga perang dengan sampah plastik yang diterapkan Camat Pollung, masyarakat sangat menyambut baik.  Jadi konsep sudah dibuat Camat Pollung itu harus dihargai masyarakat, jangan lagi sembarangan membuang sampah. (TIM/Protokol)
Next article Next Post
Previous article Previous Post