Rabu, 31 Januari 2018

Terkait Dana Desa, Camat Sijamapolang : Saya Kurang Puas Terhadap Pembangunan yang Dilakukan Para Kades

Sijamapolang,Humbahas  (Sinartapanuli.com) - Camat sebagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) berperan sangat penting dalam pengawasan penggunaan dana desa berdasarkan MoU atau Nota Kesepahaman yang diteken oleh Mendagri dengan pihak kementerian desa.Selain camat,polsek pun juga turut serta dalam mengawasi pembangunan desa.Hal tersebut diungkapkan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo beberapa saat lalu di hotel Crown,Semarang,Jawa Tengah,di kala Rapat Koordinasi Nasional  (Rakornas).

Camat Sijamapolang,kabupaten Humbanghasundutan (Humbahas),Maringan Sinaga nampaknya mengetahui tugas dan fungsinya tersebut.Sehingga kunjungan dan blusukan ke desa-desa yang tersebar di kecamatan tersebut pun terus dilakukan.

Camat Maringan Sinaga mengatakan,setelah melakukan kunjungan ke 10 desa di kecamatan yang dipimpinnya,dirinya mengaku belum merasa puas dengan hasil pembangunan yang dilakukan para kades setempat.Pasalnya,kata Camat,sejumlah bangunan yang bersumber dari APBDes terutama tahun 2017 masih banyak yang memiliki kualitas yang kurang bagus.Selain itu ,bangunan para Kades juga masih ada yang belum rampung hingga kini meski sudah memasuki tahun 2018.

"Karena kekurangan-kekurangan tersebut kita sudah temui seluruh pak Kades,dan himbauan agar mutu dan kualitas bangunan sudah kita sampaikan.Karena jujur,saya kurang puas dengan hasil bangunan mereka (Kades,red)",ujarnya saat ditemui di kantor camat yang berada di desa Bonan Dolok I.

Ditambahkannya,selain  mutu dan kualitas bangunan, dirinya juga berharap agar para kades menempatkan bangunan desa ke titik-titik yang menjadi skala prioritas.Titik prioritas tersebut biasanya sudah diusulkan dulunya saat musrenbang desa.Namun nyatanya,kata Camat,masih ada juga bangunan desa yang dibangun tanpa melihat hal yang paling utama saat dibahas di musrenbang.

"Jadi kita juga berharap agar nanti saat musrenbang desa, undangan disampaikan pada seluruh masyarakat,teman-teman media dan LSM juga berhak turut hadir",tutupnya.



(R Tinton/RJ)
Next article Next Post
Previous article Previous Post