Kamis, 18 Januari 2018

Universitas HKBP Nommensen Dan DPRD Samosir Teken MoA Penyusunan Ranperda Tanah Ulayat

Samosir(Sinartapanuli.com) Universitas HKBP Nommensen melalui Lembaga Penelitian dan Pengembangan Masyarakat  (LPPM UHN) melasanakan penanadatangan aksi (MoA) dalam rangka penyusunan Rancangan Peraturan Daerah (Rapnerda) Tanah Ulayat di Ruang Dr. Justin yang langsung dilakukan oleh Ketua LPPM UHN Dr. Janpatar Simamora, SH, MH  dengan Sekwa DPRD Samosir Agus Sinaga dan disaksikan langsung oleh Rektor UHN Dr. Ir. Sabam Malau, Senin, (15/01/2018).


Sebagaimana yang dikatakan oleh Rektor UHN, MoA ini adalah wujud nyata betapa UHN sangat berguna untuk masyarakat Sumut melalui peran dan fungsi tri dharma perguruan tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat, tegas Rektor. 

Bahkan Rektor UHN juga menambahkan sangat bangga atas kepercayaan institusi pemerintah seperti Pemerintah Kabupaten/Kota dan DPPRD kepada Universitas HKBP Nommensen sebagai institusi pendidikan tinggi yang bisa memberikan  jasa konsultasi secara akademik, dan untuk itu kami sangat berterima kasih kepada Bapak/Ibu dari DPRD Kabupaten Samosir atas kepercayaan ini, tegas Rektor UHN Dr. Ir. Sabam Malau lagi. 


Rektor mengatakan, saat ini UHN juga sangat dipercaya menyelenggerakan Bimbingan Teknis (Bimtek) DPRD bagi berbagai DPRD Kabupaten/Kota yang ada di Sumatera Utara. Ini membuktikan bahwa di UHN banyak para akademisi yang sangat kompeten di bidangnya untuk memberikan pengetahuannya demi kemajuan Sumatera Utara yang kita cintai ini, tegas Rektor UHN lagi.


Rektor mengatakan, dengan segala upaya akan mendorong para dosen -dosen UHN untuk terlibat  dalam hal pemikiran yang membangun Sumatera Utara ini, karena kehadiran UHN memang harus bermanfaat untuk bangsa ini, tegas Rektor lagi. 


Secara khusus Rektor mengatakan, saat ini Presiden kita secara nasional sangat memberikan ruang kepada pertumbuhan kearifan lokal di daerah, maka hak ulayat sebagai kearifan lokal harus dilindungi oleh UU, yang kemudian sampai pada aturan yang lebih kecil dalam bentuk Perda.


"Kita harapkan nantinya penyusunan NA Ranperda Tanah Ulayat ini menghasilkan kebaikan bagi masyarakat dan pemerintah untuk bersatu membangun Samosir," tegas Rektor UHN lagi.


DR. Janpatar Simamora, SH, MH mengatakan Penyusunan NA Ranperda Tanah Ulayat dan Pemanfaatannya ini sangat penting karena Tanah Ulayat di Samosir sangat banyak. "Demi keberhasilan pembangunan Samosir ini kami sangat mengapresiasi DPRD  mempergunakan hak inisiatifnya agar Ranperda ini bisa mendukung dan menjadi payung hukum pembangunan tanpa menimbulkan berbagai masalah di kemudian hari," tegas Dr. Janpatar lagi.


Untuk itukami akan bekerja dengan maksimal bagaimana agar Ranperda Tanah Ulayat ini bisa berjalan dengan baik demi terwujudnya pembangunan yang berkeadilan dan berkelanjutan, tegas Ketua LPPM UHN ini. Dari UHN hadir Wakil Rektor II Drs. Charles M. Sianturi, MSBA, Kepala Biro Kerjasama Drs. Poltak Panjaitan, M.Si, dan Sekretaris LPPM UHN Ir. Rosnawyta Simajuntak, M.Si
Next article Next Post
Previous article Previous Post