Jumat, 26 Januari 2018

Warga Parlilitan: Terimaksih Pak Jokowi Mimpi Kami Akan Segera Terwujud...

Parlilitan(Sinartapanuli.com).-Desa sion Tujuh adalah salah satu Desa tergolong sangat terpencil di Kabupaten Humbang hasundutan Provinsi Sumatera Utara.

Desa sion tujuh yang berkecamatan Parlilitan ini terdapat  beberapa dusun diantara nya Dusun Bungus, Dusun Banton dan ada beberapa dusun yg sudah di tinggal penghuninya sekarang dan  termasuk dusun Batu Simbellen dan Dusun Komi.

Sebenarnya  Desa Sion Tuju salah satu desa terluas diantara 20 desa Kecamatan parlilitan, akan tetapi Desa ini masih masih banyak sekali pembenahan yang harus di perbaiki dan dibangun oleh Pemerintah.

Seperti Dusun Banton, selain infrastruktur seperti jalan desa ini belum di aliri listrik sekarang, Akan tetapi berkat program pemerintah saaat ini PLN lagi pemasangan tiang listrik ke Desa tersebut mudah mudahan dalam waktu dekat Dusun ini teraliri listrik.

T  Tumanggor warga dusun Banton bersama Hesbi Tumanggor janda tua yg tinggal di Perkampungan  ini mengaku sangat senang setelah mengetahui kalau Dusun mereka akan dialiri listrik.

" Kami sangat senang, karena tiang listrik menuju kampung kami sudah mulai dikerjakan, dan jalan kami ini juga katanya akan dilakukan perbaikan tahun ini. " Ucap T Tumanggor.

Terlihat dalam pantauan media ini, selain akses infrastruktur jalan yang belum memadai akan tetapi dari segi ekonomi masyarakat di Dusun ini tergolong masih banyak keluarga yang kurang mampu, nampak jelas seperti rumah yang menjadi hunian warga masih ada saja yang berdingdingkan papan dan beralaskan tanah.

Seperti Pengakuan Hasbi Tumanggor. Janda yang bersuamikan Marga Pohan ini mengaku kalau Ia sama sekali tidak bisa membangun rumahnya akibat tidak adanya pendapatan pasti saban hari, Beberap tahun silam Nenek ini tinggal dirumah yg sangat sederhana yg terbuat dari bambu. Yang  sangat memilukan ibu punya anak tiga ini terpaksa harus tinggal sendiri dan menyuruh anaknya merantau terpaksa ia hanya seorang diri saja untuk memenuhi kebutuhanya.

Warga lainya S Tinambunan menjelaskan kalau mata pencaharian masyarakat pada umumnya di desa ini adalah bertani seperti Padi, dan Karet

"Kami disni rata-rata petani semua, termasuk karet namun ada yang membuat kami sedih khususnya petani karet, karena harganya saat ini  murah sehingga biaya transfortasi tidak  seimbang dengan harga karet per kilo. Kan jalan  tidak bagus terpaksa kami juga dikenakan biaya nya. Tapi ada juga yang membuat kami sangat senang katanya jalan ini akan di perbaiki lewat Dana Desa. Terimakasih lah buat Pak Jokowi sudah mengadakan Dana Desa" Ucapnya.


Menanggapi hal ini Pelaksana Kepala Desa Sion Tujuh Lanton Tumanggor kepada media sinartapanuli.com mengaku  bahwa untuk Tahun 2018 sesuai dengan kesepakatan yang menjadi programnya nanti di Desa tersebut adalah Mempritaskan pembanguna infrastruktur jalan ke dusun Banton dan dusun lain nya di Desa itu salah satu nya dusun  Bungus.


"Sekarang Dana Desa kita akan fokuskan pembangunan jalan Desa yaitu Dolok Genting yang merupakan jalan utama menghubungkan dari desa tetangga ke Desa Sion Tujuh, akses ini sangat penting artinya dengan dana secukupnya tersebut akan kita manfaatkan secara bertahap" Ucapnya.

Lebih lanjut Keterangan Pelaksana Kepala Desa Sion Tujuh mengaku, sangat berterimakasih atas program pemerintah Jokowi yang menganggarkan Dana Desa beberapa tahun ini, selain lewat program pemerintah daerah melalui Dana Desa ini nantinya satu persatu pembangunan di Desa akan bisa terjawab.

"Lewat Perbaikan Infrastruktur ini nantinya, kita yakin masyarakat disini terutama Dusun-dusun akan lebih bergairah lagi untuk bertani, karena kalau jalan bagus hasil bumi akan cepat dipasarkan ke Kota" Akhirnya.

(S.Tumanggor)
Next article Next Post
Previous article Previous Post