Selasa, 27 Maret 2018

Elektabilitas PDIP Tertinggi di Sumut. Ini Hasil Survei Selengkapnya...

Jakarta(Sinartapanuli.com) - Lembaga Indo Barometer melakukan survei terhadap pilihan partai politik untuk wilayah Sumatera Utara. PDIP mendapat elektabilitas tertinggi dalam survei ini.


Pada survei Indo Barometer terbaru, responden diminta menjawab 'seandainya pemilu legislatif dilakukan hari ini, partai politik apa yang akan dipilih?'. Partai besutan Megawati Soekarnoputri itu berada di posisi pertama dengan perolehan 17,5% suara. Kemudian disusul Partai Gerindra dengan suara yang terpaut cukup jauh, yaitu 6,5%.

"Jika pemilu legislatif DPRD Provinsi Sumatera Utara dilakukan hari ini, partai yang paling banyak dipilih adalah PDIP dengan 17,5%. Kemudian Gerindra 6,5%," kata Direktur Indo Barometer M Qodari saat menyampaikan rilis survei di Hotel Atlet Century, Senayan, Jakarta, Jumat (23/3/2018).



Qodari menuturkan sebagian besar warga Sumut memilih PDIP dengan alasan PDIP merupakan partai besar. Tak hanya itu, faktor peduli terhadap rakyat pun menjadi alasan dipilihnya partai tersebut.

"Alasan utama publik memilih PDIP adalah karena partai besar dan peduli rakyat," ujarnya.

Survei Indo Barometer ini dilakukan pada 4-10 Februari 2018 di 33 kabupaten/kota di Provinsi Sumatera Utara dengan responden sebanyak 800 orang. Metode yang digunakan adalah multistage random samplingdengan margin of error sebesar +/- 3,46% dan tingkat kepercayaan 95%.


Berikut ini hasil survei elektabilitas parpol di Sumut:

PDIP 17,5%
Gerindra 6,5%
Demokrat 4,8%
Golkar 3,6%
PPP 2,8%
PKS 2,0%
PAN 1,8%
NasDem 1,4%
Hanura 1,0%
PKB 0,7%
Perindo 0,7%
PSI 0,1%
Tidak Tahu/Tidak Jawab 57,1% 
Next article Next Post
Previous article Previous Post