Senin, 19 Maret 2018

Pelebaran Jalan Dolok Sanggul-Siborongborong Dilanjutkan.....

DOLOK SANGGUL(Sinartapanuli.com)-Untuk tahap ke tiga, Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) bersama Kementrian PUPR kembali melanjutkan pelebaran jalan Protokol Dolok Sanggul-Siborongborong. Tahun ini, untuk pembebasan dan pembangunan jalan tersebut dialokasikan dari dua pos anggaran yakni melalui APBN dan APBD Humbahas TA 2018.
Asisten Pemerintahan Setdakab Humbahas, Tonny  Sihombing kepada wartawan via selulernya, kemarin, mengatakan bahwa untuk pembangunan jalan nasional yang menghubungkan Dolok Sanggul-Siborongborong itu pihaknya sudah melakukan upaya pembebasan lahan kepada masyarakat.
“Kita dari sisi pemerintahan, sebatas melakukan koordinasi kepada masyarkat untuk pembebasan lahan. Untuk teknis pengerjaan pembangunan pelebaran jalan itu ada pada dinas PUPR Humbahas,” katanya.
Terpisah Kadis PUPR Humbahas, Jhonson Pasaribu melalui Kasi Peralatan, Gibson Panjaitan kepada wartawan mengatakan, untuk tahun ini, pihaknya akan melakukan lanjutan pelebaran Dolok Sanggul-Siborongborong sepanjang 3 Km. Titik pelebaran jalan itu mulai dari Desa Pakkat Dolok, Simpang Sileng-Desa Dolok Margu, Lintong Nihuta.
“Saat ini kita tengah melakukan pengerjaan pelebaran pada sisi jalan sepanjang 3 Km. Ruas jalan yang akan kita perlebar masing-masing 5-6 meter, sesuai pembebasan lahan yang dikoordinasikan kepada masyarakat,” jelasnya.
Usai pelebaran nanti, katanya lagi, tahun ini, akan dilakukan langsung pengaspalan oleh Kementrian PUPR sepanjang 2,5 Km. “Usai pelebaran nanti akan dilanjutkan pengaspalan dari Kementrian PUPR. Kondisi sekarang lebar jalan yang akan diperbaiki 4,5  meter. Setelah pengerjaan nanti lebar jalan akan menjadi 6,5 meter,” tukasnya.
Sementara itu, Ketua DPRD Humbahas, Maneak Hutasoit saat dimintai tanggapannya mengaku mengapresiasi pihak pemerintah pusat yang merealiasikan pembangunan jalan Nasional di Humbahas. Sebab, dengan terbangunnya peningkatan jalan nasional, maka akses lalulintas akan semakin lancar.  
Dia juga mengharapkan pembangunan jalan Nasional yang menghubungkan Dolok Sanggul-Siborongborong itu dapat dituntaskan secara bertahap. Sebab, saat ini, jalan tersebut kondisinya sempit untuk standar jalan Nasional. Disamping itu, di beberapa titik pada badan jalan, masih banyak ditemukan lobang sehingga rawan mengakibatkan lakalantas.
“Kita dari lembaga DPRD mengapresiasi perhatian pemerintah pusat untuk pembangunan jalan Nasional di Humbahas dalam beberapa tahun terakhir. Harapan kita, pembangunan jalan Nasional Dolok Sanggul-Siborongborong dapat dituntaskan secara bertahap. Sehingga tercipta akses lalulintas semakin lancar,” tandasnya.(TIM)
Next article Next Post
Previous article Previous Post