Jumat, 23 Maret 2018

Survei: Djarot-Sihar Unggul Sementara di Pilgub Sumut

Medan(Sinartapanuli.com)- Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara, Djarot Saiful Hidayat dan Sihar PH Sitorus sementara unggul dalam survei Pemilihan Gubernur Sumatera Utara, yang digelar Indo Barometer. Djarot-Sihar memperoleh suara sebesar 26%, unggul tipis dari pesaingnya, Edy Rahmayadi - Musa Rajekshah yang memperoleh 25,8%.

Direktur eksekutif Indo Barometer, M Qodary mengatakan, status Djarot yang pernah menjabat sebagai Wakil Gubernur DKI Djakarta membuatnya cukup dikenal di Sumatera Utara. "Pak Djarot ternyata terkenal juga di Sumatera Utara karena pernah menjabat sebagai wakil gubernur di DKI Jakarta," ujarnya di Hotel Atlet Century Park, Jakarta, Jumat (23/3/2018).

Dia memaparkan, hasil simulasi suara pertanyaan tertutup yang digelar Indo Barometer menunjukkan, pasangan Djarot Saiful hidayat - Sihar PH Sitorus memperoleh suara sebesar 26%; pasangan Edy Rahmayadi - Musa Rajekshah (Ijek) sebesar 25,8% ; Jopinus Ramli Saragih (JR Saragih) - Ance Selian 8,4%; tidak akan memilih sebesar 0,3%; rahasia 11,1%; belum memutuskan 22,6%; tidak tahu/tidak jawab 5,8%.

Dari simulasi tiga pasangan calon tersebut, jumlah pemilih yang tidak akan memilih,rahasia, belum memutuskan, tidak tahu/tidak jawab mencapai total angka 39,8 %.

Selain itu, hasil survei tingkat pengenalan masing-masing calon, Djarot juga menempati posisi puncak. Hasilnya, tingkat pengenalan Djarot Saiful hidayat mencapai 68,4%. Sementara  Edy Rahmayadi 62,9% dan Jopinus Ramli Saragih (JR Saragih) 40,0%. Pasangan Djarot, Sihar PH Sitorus memperoleh angka 34,7%, sementara Musa Rajekshah (Ijek) 30,8% dan Ance Selian 14,0%.

Hadir pula dalam kesempatan tersebut, Menteri Sosial, Idrus Marham. Dia pun ikut menyampaikan pesan kepada seluruh Calon Gubernur Sumatera Utara. Idrus mengatakan, siapapun nantinya pasangan calon yang terpilih, dia berharap agar menjalankan amanah dengan sebaik mungkin.”Yang penting siapapun yang terpilih harapannya tidak korupsi, jujur, dan mengutamakan kesejahteraan rakyat,” katanya.

Next article Next Post
Previous article Previous Post