Senin, 02 April 2018

PNB HKI Daerah IX Humbang Gelar Theatrikal Kematian Yesus

DOLOK SANGGUL(Sinartapanuli.com) -Untuk mengahayati sengsara Kristus dan menyambut kemenangan-Nya menebus dosa, Persatuan Naposo Bulung Huria Kristen Indonesia (PNB HKI) Jemaat dan Resort yang tergabung dalam daerah IX Humbang gelar theatrikal kematian Yesus (jalan salib-red. Teatrikal tadi dipusatkan di kantor Daerah IX Humbang, Aek Mardugu, Desa Purba Manalu, Dolok Sanggul, Senin (2/4).


Ketua PNB HKI Daerah IX Humbang, Arisen Siburian didampingi ketua panitia Saroha Simanullang kepada wartawan mengatakan, bahwa theatrikal kematian Yesus Kristus dalam momen paskah untuk mengingatkan kembali betapa besarnya pengorbanan Yesus untuk menebus dosa umat-Nya.


Sementara melalui theatrikal kematian Yesus ini, pihaknya dari PNB HKI bertujuan untuk menggalang semangat pemuda agar aktif kembali dalam berbagai kegiatan kerohanian di gereja masing-masing.

Dia juga menambahkan dalam dalam theatrikal kematian Yesus, pihaknya mengusung tema, ‘Rise in Chist Together’ (bangkit bersama kristus secara bersama-sama). “Melaui event ini, mari  kita bangkit bersama, rise in christ together sesuai tema. Kita bangkit bersama, kita semakin kompak lagi melayani di gereja kita masing-masing melayani di daerah kita. Jadi tujuan kita supaya PNB aktif, solid. Sebab tanpa kebersamaan kita tidak ada apa-apanya,” ujar Arisen.

Dia menyampaikan, bahwa pelaksanaa theatrikal kematian Yesus itu merupakan kali pertama dilakukan PNB HKI secara bersama-sama dari 12 Resort Daerah IX Humbang yang terdiri dari dua Kabupaten yakni Humbahas dan Taput.

Katanya, kedepan, Theatrikal ini akan dilakukan menjadi agenda tahunan sehingga pemuda pemudi HKI semakin kompak. Sebab pemuda itu adalah tiang pengokoh gereja karena merupakan regenerasi dari jemaat sehingga pemuda gereja harus dibangun sekuat mungkin sesuai dengan konstruksi kerohanian.  Disisi lain, untuk memupuk kekompakan tadi, kedepan, pihaknya, akan melakukan pembinaan kepemudaan HKI melalui kegiatan-kegiatan rohani dan bakti sosial lainnya.

Sementara itu, amatan media ini, derasnya guyuran hujan tidak menyurutkan semangat PNB HKI dalam drama penyaliban Yeusus Kristus. Alhasil, theatrical kematian Yesus kristus berhasil menyita perhatian ratusan masyaakat Desa Purba Manalu.

Drama Theatrikal kematian Yesus tersebut juga disaksikan Praeses HKI Pdt MT Aruan MTh, Pdt Pdt Charles Siregar MTh, Pdt Herman Tampubolon, Pdt Nikson Simanjuntak STh, anggota DPRD Humbahas Bukka Lumban Toruan, ketua dewan Pembina PNB HKI Gibson Panjaitan dan ratusan jemaat lainnya.

Sebelum theatrikal penyaliban Yesus itu, dilakukan kebaktian bersama. Preses HKI Pdt MT Aruan, MTh dalam siraman rohaninya menyampaikan, bahwa kebersamaan adalah sumber kekuatan. Jika PNB HKI kompak, jika PNB HKI bersama kristus maka akan tergalang kekuatan, kebangkitan bahkan kejayaan. “Dengan bangkit bersama kristus, maka kita juga bangkit dari belenggu dosa dan kematian kekal menuju kehidupan kekal. Marilah kita bangkit bersama-sama dan tinggal di dalam kristus,” ajaknya. 

(TIM)
Next article Next Post
Previous article Previous Post