Rabu, 30 Mei 2018

Peringati HLUN Puskesmas Onanganjang Menggelar Senam Lansia

Onanganjang(Sinartapanuli.com) -Dalam rangka memperingati Hari lanjut Usia Nasional ( HLUN ) serta dalam rangka meningkatkan kesadaran akan pentingnya kesehatan dan kebugaran, Puskesmas Onanganjang melaksanakan senam sehat untuk LANSIA di halaman Puskesmas Onanganjang (30/05/2018).
 Kepala Puskesmas Onanganjang dr. Sisca lorenta Silalahi menyampaikan kepada awak media kegiatan ini merupakan dalam rangka memperingati Hari lansia serta kegiatan ini juga merupakan bagian dari program Pemerintah pusat dengan motto, di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat. dr. Sisca lorenta juga menambahkan, senam lansia adalah serangkaian gerakan nama yang terarah dan teratur yang pelaksanaannya di ikuti oleh para lanjut usia, dengan maksud untuk meningkatkan kemampuan raga secara fungsional.

 Senam lansia dirancang untuk melatih bagian tubuh, pinggang, kaki dan tangan untuk mendapatkan Peregangan para lansia, namun gerakan tersebut tidak boleh berlebihan serta senam ini juga di lakukan dengan tidak banyak bergerak, seperti halnya aerobik dengan maksud agar tenaga dan stamina para lansia tidak terkuras. Lebih lanjut dr. Sisca lorenta menyampaikan, Para peserta senam lansia terdiri dari perwakilan setiap desa, dari 12 desa yang ada di kecamatan Onanganjang ditambah dengan Bidan desa dan Staf Puskesnas Onanganjang.

 Para lansia yang ikut senam rata-rata sudah berumur 50 - 70 Tahun dan para lansia sangat merasa gembira dan bahagia sambil tertawa ceria mengikuti gerakan demi gerakan, disamping memang mungkin lucu melihat rekan - rekan peserta yang lain.

 Selain kegiatan senam lansia, kita juga melaksanakan pemeriksaan kesehatan yaitu, mengukur tekanan darah dan pemeriksaan gula serta melakukan edukasi kesehatan untuk Orang tua kita yang sudah lanjut usia. Karena ini Memperingati Hari Lanjut Usia Nasional seluruh lansia yang hadir pada kegiatan itu, sama - sama makan kue sambil menyanyikan lagu panjang umurnya di lanjutkan dengan lagu Mars Lansia. Ucap dr. Sisca lorenta Silalahi. (Jhon P. Siregar)
Next article Next Post
Previous article Previous Post