Terkait Pemeriksaan Habib Rizieq, Begini Persiapan Polda Jabar Dalam Pengamanan

Terkait Pemeriksaan Habib Rizieq, Begini Persiapan Polda Jabar Dalam Pengamanan

421
BAGIKAN

– Polda Jawa Barat akan memeriksa Habib Rizieq Shihab terkait kasus dugaan penodaan terhadap lambang dan dasar negara Pancasila, Kamis (12/1/2017). Polisi akan melakukan pengamanan jalannya pemeriksaan Imam Besar FPI tersebut.

Kabid Humas Polda Jawa Barat Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan pengamanan ini dilakukan karena akan ada massa yang datang ke Markas Polda Jabar mengawal jalannya pemeriksaan. Massa yang akan hadir itu ada yang pro dan kontra terhadap Habib.

“Mungkin massa ini pro dan kontra yang datang. Mereka sama-sama mengawal kasus Habib. Itu yang kita antisipasi sehingga tidak terjadi benturan. Kita mengerahkan pagar betis (anggota kepolisian),” kata Yusri saat dihubungi, Rabu (11/1/2017).

Yusri menyebut jumlah personel yang akan dikerahkan untuk pengamanan besok tergantung dari jumlah massa yang datang. Namun, pihaknya memastikan akan mengantisipasi kegaduhan sekecil apapun dengan adanya massa tersebut.

“Kita lihat dulu kekuatan dari massa sendiri yang datang. Kekuatan anggota di dalam Mapolda (Jabar) itu kan ada 3.000-an, kita tinggal gesernya kan gampang,” ungkap Yusri.

Selain mengamankan massa, pihaknya juga akan melakukan rekayasa lalu lintas di sekitar Mapolda Jabar. Sehingga, sambung dia, arus lalu lintas tidak terganggu dengan membludaknya massa yang datang.

“Kalau memang terjadi massa yang membludak, jalur yang lambat akan kita alihkan. Kita berupaya membuat suatu contra flow, karena lebih jam 10 sudah agak sepi,” kata Yusri.

Seperti diketahui, Imam besar FPI Habib Rizieq Shihab memastikan akan memenuhi panggilan ke Polda Jawa Barat. Rizieq akan diperiksa soal kasus dugaan penodaan terhadap lambang dan dasar negara Pancasila.

“Insya Allah besok saya akan ke Polda Jabar, saya akan ikut pemeriksaan dengan semestinya,” jelas Rizieq saat audiensi dengan pimpinan DPR di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (11/1/2017).

Sumber;detik.com/st


BAGIKAN